Breaking News:

Pemda Manggarai Barat Berlakukan Jam Malam di Labuan Bajo Berlaku Hingga Pukul 20.00 Wita, Jadwal

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tingkat Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) memberlakukan jam malam di Labuan hingga pukul 20.00 Wita, Ka

Penulis: Gecio Viana | Editor: Ferry Ndoen
pk/gecio viana
Wakil Bupati Mabar, dr Yulianus Weng saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 29 Juni 2021.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tingkat Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) memberlakukan jam malam di Labuan hingga pukul 20.00 Wita, Kamis 1 Juli 2021.

Keputusan ini tertuang dalam Instruksi Bupati Manggarai Barat Nomor: Satgas Covid-19/187/VI/2021 tentang Peningkatan Pengendalian Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) do Kabupaten Manggarai Barat, tertanggal 29 Juni 2021.

Dalam instruksi yang ditandatangani Bupati Mabar, Edistasius Endi, keputusan ini diambil dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Mengotimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19, serta memperhatikan peningkatan kasus Covid-19 saat ini, baik secara nasional maupun di Kabupaten Manggarai Barat, dimana terjadi peningkatan kasus secara signifikan pada bulan Juni 2021.

Kebijakan yang diberlakukan untuk 12 kecamatan di Kabupaten Mabar ini ditujukan kepada kepala perangkat daerah Kabupaten Mabar, kepala BUMN, BUMD di Kabupaten Mabar, kepala Instansi Vertikal di Kabupaten Mabar, para camat, lurah dan kepala desa di Kabupaten Mabar serta masyarakat di Kabupaten Mabar.

Baca juga: Tinjau Lokasi Budidaya Kerapu di Semau, Menteri KKP Targetkan NTT- NTB Andalan Budidaya Nasional 

Dalam instruksi pertama instruksi tersebut berbunyi, terhitung sejak dikeluarkannya Instruksi ini Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tidak mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan kegiatan, pesta dan acara sosial lainnya yang mengumpulkan orang banyak;

Terhadap kegiatan, pesta dan acara sosial lainnya yang telah direkomendasi sebelum dikeluarkannya instruksi ini tetap dilaksanakan, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dibawah pengawasan petugas yang berwenang.

Instruksi kedua, perangkat daerah terkait dan Otoritas Bandara Komodo serta Otoritas Pelabuhan Laut Labuan Bajo untuk melakukan upaya pengetatan terhadap pelaku perjalanan yang masuk di Labuan Bajo, agar memastikan memiliki surat keterangan bebas Covid-19.

Lebih lanjut, instruksi ketiga, Kepala Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan uji petik terhadap pelaku perjalanan dengan melakukan pengukuran suhu tubuh dan Rapid Test Antigen secara acak.

Baca juga: PPKM Darurat di Jawa-Bali, Begini Tanggapan Pelaku Usaha Hotel dan Restoran di Kupang

Instruksi keempat, meningkatkan dan menegakkan Protokol Kesehatan dengan menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi) pada semua kantor pemerintah, BUMN, BUMD, instansi swasta.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved