Breaking News:

Mengurai Keterlibatan Mantan Bupati Mabar Agustinus Ch Dula Dalam Kasus Kerangan

Mantan Bupati Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch Dula divonis 7 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT)

Penulis: Gecio Viana | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Agustinus CH Dula saat digiring ke mobil tahanan. Mantan Bupati Manggarai Barat itu, Rabu 30 Juni 2021, divonis 7 tahun penjara dalam kasus penjualan aset negara di Kabupaten Manggarai Barat. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Mantan Bupati Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch Dula divonis 7 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT) terkait kasus dugaan korupsi aset daerah yang merugikan negara Rp 1,3 triliun, Rabu 30 Juni 2021.

Dalam amar putusannya hakim memvonis mantan bupati Mabar 2 periode itu selama 7 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar subsidair 3 bulan kurungan dan tidak dibebankan uang pengganti kerugian negara.

Menurut majelis hakim perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dan diancam dalam pasal 2 ayat (1) Jo pasal 18 Undang - Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Kasus yang juga menyeret sejumlah nama dari kalangan masyarakat biasa, ASN dan warga negara asing itu cukup menyita publik.

Baca juga: Korupsi Lahan Pemda, Mantan Bupati Manggarai Barat Divonis 7 Tahun Penjara, Begini Suasananya

 

Berikut kronologi pemeriksaan hingga vonis yang diterima mantan Bupati Mabar Agustinus Ch Dula.

Agustinus Ch Dula awalnya menjalani pemeriksaan awal sebagai saksi oleh Tim penyidik Tipikor Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT pada Selasa (29/9/2020).

Pemeriksaan tersebut dilakukan di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggarai Barat.

Selanjutnya, Tim Penyidik melakukan penggeledahan di kedua Kantor Bupati Mabar, Senin (12/10/2020) pagi.

Dalam penggeledahan itu, sejumlah dokumen disita oleh Tim penyidik, termasuk telepon genggam (handphone) milik Agustinus Ch Dula.

Baca juga: BREAKING NEWS - Agustinus CH Dula, Mantan Bupati Manggarai Barat, Divonis 7 Tahun Penjara

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved