Breaking News:

Panglima OPM Serahkan Diri, Mengaku Tak Tahan Hidup Kelaparan & Baru Sadar Telah Termakan Bujuk Rayu

Siapa sangka, KKB Papua, kelompok kriminal bersenjata yang selama ini ditakuti di Papua, ternyata hanya isapan jempol.

Editor: Frans Krowin
surya.co.id
Ilustrasi TNI dan KKB Papua. Beredar Video TNI-Polri Berjuang Rebut Bandara dari KKB Papua, terjadi baku tembak. 

POS-KUPANG.COM - Siapa sangka, KKB Papua, kelompok kriminal bersenjata yang selama ini ditakuti di Papua, ternyata hanya isapan jempol. 

Baru-baru ini, salah satu sosok yang paling ditakuti, yakni Thitus Murib Kwalik, menyerahkan diri tanpa syarat ke TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Ops Nemangkawi.

Thitus Murib Kwalik yang juga Panglima OPM itu secara mengejutkan mengungkapkan kejujuran untuk tidak lagi bergolak melawan pemerintah.  

Thitus mengatakan ia dan sejumlah anggotanya menyerahkan diri tanpa syarat karena tak kuat lagi menghadapi pasukan TNI Polri.

Baca juga: Bendera Perang Dikibarkan, Pasukan Macan Kumbang TNI Diterjunkan Tumpas KKB Papua, Begini Faktanya

Selama ini, katanya, mereka telah ditipu oleh para pendahulunya. Mereka juga telah dipecundangi oleh orang-orang yang ingin mengganggu keharmonisan di Indonesia.

Apalagi selama hidup di hutan dan selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, mereka semakin lapar karena tak ada lagi pasokan logistik.

Dalam situasi yang demikian, katanya, tak ada pilihan lain kecuali menyerahkan diri kepada TNI Polri. Keputusan itu pun sudah tepat. 

Untuk itu, panglima OPM Kodab III tersebut mengajak rekan-rekannya baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri untuk segera sadar dan sepenuhnya kembali ke pangkuan pertiwi, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Ketika Posisi Terjepit, KKB Papua Semakin Brutal, Serang Pos TNI Hingga Nekad Tembak Anggota Brimob

Berikut ini kami uraikan sekilas tentang alasan Thitus Murib Kwalik menyerahkan diri dan meminta rekan-rekannya untuk melakukan hal serupa dan tak lagi tertipu oleh bujuk rayu para pendahulu. 

Dalam sebuah video yang diunggah oleh Satgas Nemangkawi, Thitus Murib Kwalik mengaku OPM tak sanggup lagi bertahan di hutan dan kelaparan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved