Breaking News:

Bethesda Yakkum Lakukan Berbagai Program Penanggulangan HIV-AIDS di Belu

Bethesda Yakkum sudah banyak melaksanakan program-program penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Belu

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
CD Bethesda Yakkum menggelar Training of Trainer (ToT) Akupresur bagi Warga Peduli Aids (WPA), Kelompok Dukungan Sebaya(KDS) dan layanan kesehatan di Hotel Nusantara Atambua. 

Bethesda Yakkum Lakukan Berbagai Program Penanggulangan HIV-AIDS di Belu

Laporan Reporter POS KUPANG.COM/Teni Jenahas

POS KUPANG. COM| ATAMBUA--CD Bethesda Yakkum merupakan  salah satu lembaga (NGO) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten khusus menangani masalah HIV dan AIDS di Kabupaten Belu 

Kerja sama ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan akan berakhir 2022 mendatang. 

Selama menjalin kerja sama, Bethesda Yakkum sudah banyak melaksanakan program-program penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Belu

Program seperti, pembentukan warga peduli Aids (WPA) di beberapa desa, peningkatan kapasitas WPA, pendampingan ODHA, pelatihan peningkatan ketrampilan WPA dan kelompok dukungan sebaya (KDS). 

Baca juga: Kabupaten Belu Belum Ada Desa Wisata Tematik

Hal ini disampaikan Koordinator CD Bethesda Yakkum Cabang Atambua, Yosafat Acian kepada Pos Kupang. Com, Sabtu 19 Juni 2021.

Yosafat dikonfirmasi terkait dengan strategi Bethesda dalam menanggulangi HIV dan AIDS di Kabupaten Belu yang saat ini jumlah kasusnya menempatkan urutan kedua di NTT.  

Yosafat juga diminta tanggapannya atas apresiasi dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Belu Merespon hal itu, Yosafat mengungkapkan, pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Belu dan KPA selalu berkoordinasi baik dengan Bethesda. 

Meski program yang dilaksanakan berbeda namun bermuara pada satu tujuan yakni menekan angka penularan HIV dan AIDS, mengurangi stigma negatif terhadap ODHA serta mengurangi angka kematian akibat HIV dan AIDS. 

Baca juga: Realisasi Vaksin Dosis Pertama di Kabupaten Belu 34,68 Persen 

Sebelumnya, Ketua KPA Kabupaten Belu, Magel Andreas menyampaikan apresiasi kepada CD Bethesda yang tak henti-hentinya melaksanakan berbagai program inovasi untuk Penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten. 

"Selama ini CD Bethesda Yakkum terus melaksanakan program-programnya yang inovatif untuk mengatasi masalah HIV dan AIDS di Kabupaten Belu", kata Magel. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM/Teni Jenahas)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved