Breaking News:

Salam Pos Kupang

Mahasiswa Jalur Mandiri

BEBERAPA hari lalu Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) di Indonesia secara resmi mengumumkan mahasiswa yang lolos

Editor: Kanis Jehola
Mahasiswa Jalur Mandiri
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - BEBERAPA hari lalu Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) di Indonesia secara resmi mengumumkan mahasiswa yang lolos melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN).

Hal yang sama juga terjadi di NTT untuk Universitas Nusa Cendana ( Undana) di Kupang dan Universitas Timor (Unimor) di Kefamenanu.

Bagi yang diterima masuk kedua PTN tersebut tentunya senang karena berbagai kemudahan di antaranya uang sekolahnya lebih murah dan banyak kemudahan lainnya.

Sedangkan bagi yang tidak lulus seleksi tentunya masih ada peluang seperti mengikuti seleksi lewat jalur mandiri. Kalaupun tidak mengikuti jalur mandiri tersebut maka pilihannya bisa masuk ke berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di NTT saat ini.

Baca juga: Perangkap Pertumbuhan dan Isu Kemiskinan

Baca juga: Hasil Euro 2020 -Prancis vs Jerman: Juara Dunia Awali Euro 2020 dengan Sempurna, Der Panzer Tumbang

Sangat banyak PTS di NTT seperti Unwira, UKAW, Universitas Muhammadyah, Universitas Citra Bangsa, Universitas St. Paulus Ruteng dan berbagai universitas swasta lainnya di NTT ini.

Memilih seleksi lewat jalur mandiri memang tidak banyak dipilih calon mahasiswa, karena memang persyaratannya terbilang berat dari sisi biaya. Untuk bisa masuk ke satu fakultas saja perlu uang yang tidak sedikit dan itu belum termasuk biaya registrasi.

Satu dari sekian banyak fakultas yang membuka jalur mandiri adalah Fakultas Kedokteran (FK) Undana. Untuk masuk ke FK Undana atau PTN lainnya di Indonesia lewat jalur mandiri memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kabarnya di Pulau Jawa untuk bisa masuk ke FK harus bisa membayar sebesar Rp 200-500 juta.

Kemungkinan Undana ada di antara angka tersebut atau sedikit di bawah jumlah tersebut. Kalaupun ada anak NTT yang memilih jalur mandiri tentunya anak tersebut bukan dari keluarga yang biasa-biasa saja.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 16 Juni 2021: Aries Jangan Menyerah, Ada Perubahan Jadwal untuk Leo

Baca juga: Kode Redeem FF Hari Ini 16 Juni 2021, Buruan Tukar Kode Redeem Free Fire Terbaru

Orangtuanya rela mengeluarkan uang sebanyak itu agar anaknya dapat menjadi salah satu mahasiswa di FK Undana.

FK memang sejauh ini masih menjadi favorit dan menjadi idaman banyak anak dan orangtua. Oleh karena itu sebesar apapun biaya lewat jalur mandiri akan diupayakan orangtua.

Kursi jalur mandiri ini menjadi rebutan dari berbagai daerah. Oleh karena itu banyak yang kuliah di FK Undana ini adalah saudara-saudari kita yang berasal dari luar NTT. Hal itu tentu sah-sah saja.

Walau demikian kita berharap Undana juga dapat memperhatikan betul anak-anak NTT sehingga mereka dapat kuliah di FK Undana. Sebab, anak-anak itu nantinya akan bekerja di NTT ketika mereka menyelesaikan kuliahnya.

Kita berharap betul FK Undana ini akan dapat mengisi kekurangan dokter di Nusa Tenggara Timur ini. Sebab, masih sangat banyak Rumah Sakit dan Puskesmas di NTT yang tidak memiliki dokter. Sementara dokter yang berasal dari luar NTT hanya bertugas untuk beberapa saat saja. Bahkan ada yang datang untuk mencari NIP untuk selanjutnya minta pindah ke daerah asalnya. (*)

Kumpulan Salam Pos Kupang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved