Breaking News:

Hasil Laboratorium, Wabup Manggarai Barat Sebut Air Kali Wae Rae Tercemar 

air kali tersebut diduga telah tercemar akibat tercampur kotoran ternak dan tinja manusia.

Penulis: Gecio Viana | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/GECIO VIANA
dr Yulianus Weng, Wakil Bupati Manggarai Barat 

Hasil Laboratorium, Wabup Mabar Sebut Air Kali Wae Rae Tercemar 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO --Wakil Bupati Manggarai Barat (Mabar), dr Yulianus Weng mengatakan, air kali Wae Rae yang dikonsumsi warga Desa Persiapan Golo Tanggar, Kecamatan Komodo, telah tercemar.

Hasil tersebut diketahui setelah dinas kesehatan setempat melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap air kali tersebut beberapa waktu lalu.

"Saya sudah minta mereka (Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar) cek sampai di atas (hulu sungai), ternyata dari hasil pemeriksaan laboratoriumnya air itu tercemar," katanya.

Dijelaskannya, air kali tersebut diduga telah tercemar akibat tercampur kotoran ternak dan tinja manusia.

Lebih lanjut, berdasarkan uji laboratorium secara fisika air kali tersebut berbau dan berwarna, memiliki kandungan E Coli yang tinggi serta kandungan kimia air di atas ambang batas yang ditentukan.

"Kami yakinkan masyarakat, jangan ditutup-tutupi sehingga masyarakat tahu, sebab kondisi ini sudah terjadi sejak dulu sekali," ungkapnya.

Baca juga: Bawa Narkoba, Warga NTB Diamankan di Labuan Bajo Manggarai Barat

Langkah antisipatif yang diambil pemerintah, lanjut dr Weng, yakni melakukan edukasi yang juga tertuang dalam edaran Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar.

Dalam edaran tersebut, masyarakat diimbau untuk tidak Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat, apalagi di pinggir kali.

"Mungkin mereka belum sadar, jadi kita sadarkan, lalu meminta hewan-hewan itu tidak dibiarkan lepas berkeliaran lalu membuang kotoran di kali. Saran kami selanjutnya, air kali (yang ditimba masyarakat) harus dimasak hingga mendidih baru diminum, ini untuk aman sementara, karena kejadian itu bukan baru sekarang," tegasnya.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved