Breaking News:

TKI Pulang Kampung, Bupati Malaka Perintahkan Tim Satgas Covid Siaga

Menjelang TKI Pulang Kampung, Bupati Malaka Perintahkan Tim Satgas Covid Siaga

pk/edy hayong
Bupati Malaka, Simon Nahak 

Menjelang TKI Pulang Kampung, Bupati Malaka Perintahkan Tim Satgas Covid Siaga

POS-KUPANG.COM | BETUN--Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H,MH memerintahkan Tim Satgas Covid-19 baik tingkat kabupaten, kecamatan dan desa bilamana ada orang baru masuk ke Sehubungan TKI Pulang Kampung, Bupati Malaka Perintahkan Tim Satgas Covid Siaga.

Terkait rencana deportasi 600 pekerja NTT dari luar negeri yang "pulang kampung" termasuk di Malaka maka langkah yang siap dilakukan adalah karantina.

Bupati Simon kepada Wartawan di ruang kerjanya, Jumat (11/6/2021) menuturkan, saat ini Malaka masih zona hijau dari pandemi Covid-19. Untuk itu setiap warga yang datang dari luar apalagi terkait TKI maka langkah antisipatif wajib dilakukan.

Baca juga: Aktivitas Gunung Merapi Siaga, Dalam 6 Jam Sudah Tiga Kali Muntahkan Awan Panas Sejauh 2 KM

Baca juga: Anggota DPRD Manggarai Barat: Kekurangan Air Bersih Bagi Warga Labuan Bajo Masalah Klasik

"Nanti kalau TKI dorang datang ke Malaka maka melalui Dinas Kesehatan segera koordinasi dengan lintas sektor. Kita tidak mau Malaka yang sedang Zona Hijau berubah jadi zona lainnya," tegas Simon.

Menurutnya, pemda tidak mau kehadiran para TKI yang ke rumahnya lalu menyebarkan virus corona. Untuk itu karantina menjadi alternatif.

"Pada pintu masuk tim covid akan lakukan pemeriksaan dan bila ada yang terkena virus maka akan dikarantina. Nanti kita lihat kondisi di RSUP Betun. Bagaimanapun mereka (TKI) adalah anak Malaka jadi pemda tentu tidak bisa menolak. Tapi kita ketat pada prokes covid," tandasnya.

Tentang tenaga kesehatan di lapangan nanti, menurut Bupati Simon mencukupi. Tinggal sekarang dilihat fasilitas pendukung untuk menangani warga yang bila diperiksa ada yang positif.

Baca juga: Ketua DPRD Mabar Dorong Perumda Wae Mbeliling Optimalkan Pelayanan Air Bersih

Baca juga: Gelar Patroli PPKM Temukan Sejumlah Rumah Makan di Kota Kupang Langgar Prokes

Secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik mengatakan, pihaknya belum mengetahui soal kedatangan TKI dari luar negeri ke Malaka. Apabila ada maka akan diterapkan pola isolasi mandiri.

"Penanganan terhadap TKI itu libatkan para pihak mulai dari pusat sampai daerah. Tentu kita akan lakukan pemeriksaan sesuai prokes yang sudah ada. Mereka akan isolasi mandiri dan kita minta camat, kepala desa awasi selama masa isolasi mandiri," ujar Paskalia.

Menurut Paskalia, untuk karantina tentu tidak bisa karena tempat penampungan belum ada. Lagipula mengurus selama karantina tentu membutuhkan biaya makan minum, dll. Untuk itu pola isolasi mandiri yang dipakai tetapi tetap dalam pengawasan tim medis.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved