Breaking News:

SMK Negeri 1 Ile Ape: Komunikasi Sekolah Dengan Orang Tua Wali Siswa Dalam Bingkai E-Rapor

Di SMK Negeri 1 Ile Ape: komunikasi sekolah dengan orang tua wali siswa dalam bingkai E-Rapor

SMK Negeri 1 Ile Ape: Komunikasi Sekolah Dengan Orang Tua Wali Siswa Dalam Bingkai E-Rapor
Foto Paulus Geradus Hurint Untuk Pos- Kupang.Com
Paulus Geradus Hurint, Wakil Kepala Sekolah SMK 1 Ile Ape

Di SMK Negeri 1 Ile Ape: komunikasi sekolah dengan orang tua wali siswa dalam bingkai E-Rapor

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA- Di era digital saat ini teknologi tidak bisa dilepaskan dari setiap aktivitas kegiatan manusia, karena sangat membantu dalam meningkatkan kinerja manusia.

Hampir seluruh lembaga, perusahaan, instansi pemerintahan, instansi pendidikan dan instansi lainnya beralih dari aktivitas manual menuju penggunaan aplikasi dengan dasar elektronik. Tujuannya adalah agar dapat mengolah data dengan mudah dan cepat.

Dalam dunia pendidikan khususnya di lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape, penggunaan aplikasi perangkat lunak juga sangat membantu dalam proses pengajaran dan evaluasi penilaian hasil belajar.

Baca juga: Komda Lansia NTT: Saling Tolong Sesama Lansia Pasca Bencana Seroja Hantam NTT

Baca juga: Gubernur Kaltara Zainal Paliwang Antar Langsung Bantuan Bencana dari Seluruh ASN ke Gubernur NTT

Paulus Geradus Hurint, Guru SMK Negeri 1 Ile Ape, dalam keterangan tertulisnya kepada Pos Kupang, memaparkan bahwa akhir dari seluruh proses pembelajaran di lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape khususnya pada semester genap ini sebagai bentuk tanggung jawab dari pihak lembaga kepada orang tua wali siswa dibuktikan dengan pemberian hasil belajar siswa (Rapor).

Rapor merupakan dokumen penghubung komunikasi antara sekolah dengan orang tua wali siswa. Dokumen rapor ini juga sekaligus menghubungkan sekolah dengan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui tentang hasil belajar siswa pada kurun waktu tertentu.

Oleh karena itu, rapor harus komunikatif, informatif dan komprehensif (menyeluruh) dalam memberikan gambaran tentang hasil belajar siswa selama semester genap tahun pelajaran 2020 / 2021.

Katanya, penilaian hasil belajar siswa tersebut disiapkan oleh masing-masing guru mata pelajaran selama proses pembelajaran meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan, penilaian remedial hingga penilaian ekstrakurikuler.

Baca juga: Polres Sumba Timur Akan Bubarkan Jika ada Nobar Piala Eropa

Baca juga: Bupati Sumba Barat Tegaskan Tertibkan Seluruh Aset Daerah

Penggunaan aplikasi e-Rapor di lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape, diterapkan untuk semua tingkatan mulai dari kelas X hingga kelas XII.

Adanya aplikasi e-Rapor ini sangat membantu lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape karena telah terintegrasi langsung dengan aplikasi Dapodik Sekolah, sehingga setiap guru mata pelajaran bisa langsung memasukan nilai dengan menggunakan akun dari masing-masing guru yang terdapat dalam Dapodik.

Halaman
123
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved