Breaking News:

Warga Belum Tahu Tilang Elektronik Polda NTT Pasang 12 CCTV di Kota Kupang

Warga belum tahu tilang elektronik Polda NTT pasang 12 CCTV di Kota Kupang

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Situasi Pusat Kontrol Sistem Tilag Elektronik (ELTE) di Kantor Ditlantas Polda NTT, jalan Soekarno Kelurahan Fontein Kecamatan Kota Raja Kota Kupang NTT, Senin, 24 Mei 2021. 

Warga belum tahu tilang elektronik Polda NTT pasang 12 CCTV di Kota Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -Polda Nusa Tenggara Timur ( Polda NTT) mulai memberlakukan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE). Direktorat Lalu Lintas telah memasang 12 unit kamera pegintai atau Closed-Circuit Television ( CCTV) pada empat lokasi di Kota Kupang.

Empat lokasi dimaksud, yaitu Bundaran Kantor Gubernur NTT (persimpangan jalan El Tari, jalan WJ Lalamentik dan jalan Frans Seda), Perempatan Polda NTT (persimpangan jalan Herewila, jalan Soeharto, jalan Alfons Nisnoni dan jalan Jenderal Sudirman), Perempatan Palapa (persimpangan jalan Palapa dan jalan Herewila dan Persimpangan Toko Hero, Kelurahan Naikoten 1 (persimpangan jalan El Tari dan jalan Soeharto).

Direktur Lalu Lintas Polda NTT, Kombes Pol Iroth Laurens Recky, SIK mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem tilang elektronik dalam waktu dekat. Saat ini sedang dilakukan uji coba.

Baca juga: Emanuel Kolfidus: Harus Gencar Sosialisasi Tilang Elektronik

Baca juga: Darius Beda Daton: Tilang Elektronik Cegah Suap

Menurut Kombes Iroth sistem ELTE merupakan bagian dari peningkatan sistem kinerja penegakan hukum sesuai dengan program presisi sebagai program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebanyak dua belas sopir angkot ditangkap polisi dari Polda NTT karena menurunkan penumpang dan memberhentikan angkot secara paksa. Aksi mereka menimbulkan kemacetan di seputaran Kuanino tepatnya di depan Toko Hero.
Sebanyak dua belas sopir angkot ditangkap polisi dari Polda NTT karena menurunkan penumpang dan memberhentikan angkot secara paksa. Aksi mereka menimbulkan kemacetan di seputaran Kuanino tepatnya di depan Toko Hero. (POS KUPANG/EFLIN ROTE)

"Kita akan segera terapkan sistem tilang elektronik di NTT dalam waktu dekat," katanya di Kupang, Senin (24/5/2021).

Ia mengatakan, penerapan tilang elektronik dimulai dari Kota Kupang, selanjutnya diterapkan di seluruh wilayah hukum polres jajaran Polda NTT.

Baca juga: Gerhana Bulan Picu Banjir Rob

Baca juga: BKN Temukan 97 Ribu PNS Fiktif

Kepala Unit Penindakan Hukum Ditlantas Polda NTT, AKP Agus Kuswanto menambahkan, pemasangan 12 unit kemera sejak 11 Mei 2021. CCTV untuk menindak pelanggar lalu lintas yang terekam kamera.

Agus mengatakan, mekanisme penindakan akan mengacu pada data plat nomor kendaraan yang melakukan pelanggaran. Data tersebut terkoneksi langsung dengan data Samsat.

Apabila ditemukan adanya pelanggaran, lanjut Agus, maka pihak Ditlantas Polda NTT akan memberikan surat rekomendasi kepada pelanggar. Surat konfirmasi berlaku tiga hari sejak diberikan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved