Breaking News:

BMKG Minta Waspadai Bencana Meteorologis di Sumba

BMKG Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur meminta masyarakat agar mewaspadai bencana meteorologis

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Waingapu, Elias L.Limahelu 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - BMKG Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur meminta masyarakat agar mewaspadai bencana meteorologis di wilayah Sumba. Pada umumnya di wilayah Sumba telah mengalami hari tanpa hujan ( HTH) berkisar 20-31 hari.

Sesuai informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Umbu Mehang Kunda Waingapu, Senin 24 Mei 2021 menyebutkan, pada umumnya wilayah Sumba telah mengalami HTH.

Namun, ada beberapa wilayah yang masih mengalami hujan.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, Elias L.Limahelu, mengatakan, masyarakat perlu mewaspadai adanya bencana meteorologis di wilayah Sumba.
Wilayah Sumba saat ini mengalami HTH 20-31 hari.

Baca juga: Dunadi Spesialis Pembuat Patung Tokoh Nasional: Angka-angka Keramat di Balik Patung Bung Karno

Baca juga: Sudah Bisakah Hotline 110 di Lembata

"Wilayah Sumba pada umumnya mengalami HTH 20-31 hari. Ada beberapa wilayah seperti di Sumba Barat Daya (sekitar Kota Tambolaka), Kabupaten Sumba Timur (di sekitar Tabundung) masih mengalami hujan," kata Elias.

Dijelaskan, analisis curah hujan dasarian II Mei 2021 pada umumnya wilayah Sumba mengalami hujan dengan kategori rendah, yakni 0-50 milimeter.

"Jadi berdasarkan peta prakiraan peluang curah hujan Dasarian III Mei 2021, diketahui, wilayah Sumba diperkirakan memiliki peluang curah hujan kurang dari 20 milimeter sebesar 61-100 persen," katanya.

Dikatakan, meski begitu sebagai kecil wilayah Sumba Timur, diperkirakan memiliki peluang curah hujan 21-50 milimeter sebesar 51-90 persen.

Baca juga: Ubah Sikap Kerja

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Senin 24 Mei 2021: Pesta Santa Perawan Maria Bunda Gereja: INILAH IBUMU

"Kondisi ini di-update pada tanggal 20 Mei 2021. Adanya informasi ini diharapkan masyarakat bisa mewaspadainya," ujar Elias. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Berita Sumba Timur

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved