Breaking News:

Salam Pos Kupang

Selamat Hari Raya Idul Fitri

BAGI Umat Muslim, hari ini merupakan hari terakhir dalam bulan Ramadhan . Dalam bulan Ramadan Umat Islam melakukan puasa selama 30 hari

Editor: Kanis Jehola
Selamat Hari Raya Idul Fitri
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - BAGI Umat Muslim, hari ini merupakan hari terakhir dalam bulan Ramadan . Dalam bulan Ramadan Umat Islam melakukan puasa selama 30 hari dan besok Kamis, 13 Mei 2021 memasuki tanggal 1 Syawal 1442 H yang diperingati sebagai Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Melakukan puasa selama 30 hari tidak gampang karena harus menahan lapar, haus dan harus menahan diri dari berbagai hal. Karena itulah tanggal 1 Syawal sebagai hari kemenangan karena berhasil melaksanakan puasa.

Mengakhiri puasa Ramadhan dengan malam takbiran dimana Umat Islam secara bersama-sama mengucapkan kalimat takbir yakni Allahu Akbar. Mengumandangkan kalimat takbir 'Allahu Akbar', juga merupakan bentuk syukur atas nikmat yang diberikan kepada Allah karena telah melalui Ramadan.

Mengawali 1 Syawal di awal pagi hari selalu dilaksanakan salat Idul Fitri atau shalat Ied di tanah lapang atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar).

Baca juga: Manfaat Makan Kurma Tiap Hari

Baca juga: Ini Jumlah Pasien Covid-19 di Sumba Timur yang Telah Sembuh

Di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri merupakan momen atau waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Untuk itu beberapa hari sebelum Idul Fitri terjadi mobilisasi penduduk yang sangat tinggi untuk pulang kampung atau mudik sehingga penggunaan transportasi umum atau publik meningkat termasuk kendaran pribadi sehingga arus lalu lintaspun akan meningkat

Selama ini saat merayakan Idul Fitri, biasanya masyarakat berkunjung ke rumah-rumah tetangga ataupun saudaranya untuk bersilaturahmi, yang dikenal dengan halalbihalal.

Di tahun 2021, saat merayakan Hari Raya Idul Fitri harus dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19 karena itu pemerintah sejak awal sudah melarang agar tidak ada mudik dengan sanksi yang cukup ketat, penerbangan regular dihentikan sementara waktu, juga transportasi publik lainnya dihentikan sementara.

Penjagaan di pintu-pintu masuk antar perbatasan wilayah agar orang tidak mudik. Libur atau cuti bersama diperpendek. Semua ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19

Baca juga: Agus Taolin Masih Dijagokan Golkar Sebagai Bakal Calon Bupati 2024

Baca juga: DPRD NTT Minta Pemerintah Cepat Intervensi Pemulihan Ekonomi Pasca Bencana 

Terkait dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan pelaksanaan malam takbiran, pemerintah telah mengeluarkan surat edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 2021 di Saat Pandemi Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved