Breaking News:

RAT ke 32, Puskopdit Bekatigade Timor Dorong Digitalisasi Koperasi

Puskopdit Bekatigade Timor sangat konsen terhadap digitalisasi koperasi untuk menyederhanakan, memudahkan, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

POS-KUPANG.COM/Intan Nuka
Pembukaan Rapat Anggota Tahunan ke 32 Puskopdit Bekatigade Timor Tahun Buku 2020, Sabtu (1/5/2021) pagi. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Puskopdit Bekatigade Timor sangat konsen terhadap digitalisasi koperasi. Digitalisasi akan menyederhanakan, memudahkan, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pengurus Kopdit Bekatigade Timor, Vincentius Repu usai ditemui POS-KUPANG.COM dalam acara pembukaan Rapat Anggota Tahunan ke 32 Puskopdit Bekatigade Timor Tahun Buku 2020, Sabtu (1/5/2021) pagi.

Vincentius menyampaikan, Puskopdit Bekatigade Timor mendukung aktif digitalisasi koperasi dan telah mengundang dinas koperasi untuk berdiskusi tentang penyelenggaraan digitalisasi, khususnya pada koperasi kredit.

Baca juga: Suasana Saat Bupati Agas Pantau Kondisi Para Korban Keracunan Makanan di Nggalak Leleng

Baca juga: Promo McDonalds Minggu 2 Mei 2021, Promo Serba 30ribuan, McDonalds Cadbury McFlurry Rp15.454

"Setelah RAT ini, kami akan sama-sama memulai meningkatkan pelayanan kepada anggota dengan bekerja bersama sesama koperasi, pemerintah provinsi untuk meningkatkan digitalisasi koperasi kredit," sebut Vincentius.

Diakui Vincentius, digitalisasi koperasi kredit telah dilakukan sejak 10 tahun yang lalu. Kini, digitalisasi yang akan dilakukan yakni bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyempurnakan yang telah ada, dan melakukan yang belum dilakukan oleh koperasi kredit. Tujuannya tentu agar pelayanan koperasi kredit terhadap anggota semakin ditingkatkan.

"Digitalisasi yang belum dilakukan itu misalnya keterhubungan lembaga koperasi kredit dengan sesama koperasi kredit, usaha kecil menengah, bank, dan lembaga terkait lain. Maka digitalisasi koperasi akan memungkinkan dan memudahkan penyelenggaraan aktivitas transaksi antar berbagai lembaga yang disebutkan itu," sambungnya.

Baca juga: Pantas Saja China Ngotot Invasi Taiwan, Ternyata Taiwan Simpan Barang Paling Berharga Ini, Apa?

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan Maksimal, Polres Manggarai Timur Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Koperasi kredit hingga hari ini telah melakukan digitalisasi sampai pada tingkat koperasi kredit itu sendiri. Oleh karena itu, perlu ada peningkatan kerja sama koperasi kredit dengan lembaga terkait lain agar koperasi kredit semakin mampu melayani anggota dengan berkualitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur Sylvia Peku Djawang yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, Anis Mau menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi NTT memang telah berkomitmen agar seluruh gerakan koperasi di NTT segera Go Digital. Saat ini, Provinsi NTT telah bekerja sama dengan Koperasi Kayana Reswara Nitya (Koperasi KEREN) Jakarta dan berkomitmen agar 1.000 koperasi di NTT menerapkan sistem digitalisasi di tahun 2021.

"Dari pendataan yang berlangsung, baru 317 (koperasi) yang sudah tersistem. Ini yang pak gubernur dan wakil gubernur dorong kita minimal di Oktober nanti sudah 1.000," kata Anis dalam sambutan di acara pembukaan.

Pemerintah pun berharap koperasi memiliki prioritas tinggi untuk anggota dan masyarakat. Pemerintah selalu memberikan perhatian berupa peningkatan kualitas dengan berbagai pelatihan.

"Terkait digitalisasi, kami ucapkan terima kasih karena Puskopdit Bekatigade Timor telah berupaya untuk Go Digital untuk gerakan koperasi di daerah ini," tandasnya.

Adapun RAT ke 32 Puskopdit Bekatigade Timor diselenggarakan secara terbatas dan diikuti secara virtual oleh anggota koperasi lainnya. General Manager Puskopdit Bekatigade Timor sekaligus Ketua Panitia RAT, Donatus Anggul menjelaskan bahwa RAT digelar dengan agenda pertanggungjawaban pengurus dan pengawas untuk tahun buku 2020.

"Dan menunjukkan kepada anggota puskopdit bahwa kami menjalankan tugas pengurus dan pengawas selama satu periode ini dengan baik," tambahnya.

Puskopdit Bekatigade Timor sendiri terdiri dari 21 kopdit di wilayah Pulau Timor, Rote, Sabu, dan Alor. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Berita Kota Kupang

Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved