Breaking News:

Doa dari Flores untuk Almarhum Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha

ritual adat Sewo Benu. Ritual Sewo Benu yang merupakan ritual adat perpisahan antara almarhum dengan keluarga besar.

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Keluarga dari istri Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha menggelar doa bersama di rumah mertuanya di Desa Waepana, Selasa 27 April 2021.  

Doa dari Flores untuk Almarhum Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha

POS-KUPANG.COM | BAJAWA--Dunia kemiliteran Indonesia sedang dirundung duka yang mendalam.

Pasalnya Kepala Bandan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu 25 April 2021 saat sedang menjalankan tugas kedinasannya.

Bukan hanya dunia militer yang merasakan kehilangan perwira TNI bintang satu tersebut. Keluarga istri almarhum, Maria Carolin Sinaulan Wea yang ada di Desa Waepana, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur juga merasa kehilangan atas kepergian saudara mereka yang ditembak secara tragis.

Ditemui di kediaman mertuanya, Selasa 27 April 2021, keluarga istri almarhum, Maria Caroline Sinaulan Wea melaksanakan doa bersama.

Baca juga: Kabinda Papua Gugur Ditembak KKB Papua, Bamsoet Minta TNI Polri Turunkan Kekuatan Penuh Tumpas KKB

Selain itu, keluarga juga menggelar ritual adat Sewo Benu. Ritual Sewo Benu yang merupakan ritual adat perpisahan antara almarhum dengan keluarga besar.

Kabinda Papua I Gusti Putu Danny Karya Nugraha (kiri) dan KKB Lekagak Telenggeng (kanan)
Kabinda Papua I Gusti Putu Danny Karya Nugraha (kiri) dan KKB Lekagak Telenggeng (kanan) (via Instagram dan Facebook/KOMNAS-TPNPB)

Kepada Pos Kupang, Kakak Kandung dari istri almarhum, Margareta Mole mengungkapkan, pihaknya mengetahui berita duka kepergian Brigjen I Gusti tersebut sekira pada Minggu 25/ April 202 sore. Meski begitu, dirinya tidak percaya bahwa adik iparnya itu meninggal dengan cara yang sangat tragis.

Karena tidak yakin dengan informasi tersebut, dirinya pun meminta supaya menelpon sanak keluarga yang lain yang juga ada di Papua. Setelah mendapat telepon dari kakaknya yang nomor tiga, baru mereka percaya bahwa sang jendral telah tiada.

Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, Kabinda Papua yang ditembak KKB. Ini Kiprahnya semasa hidup.
Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, Kabinda Papua yang ditembak KKB. Ini Kiprahnya semasa hidup. (Tribunnews.com)

"Setelah mendapat informasi yang pasti, kami kumpul bersama di sini. Semua keluarga berkumpul di sini. Kami doa bersama untuk kepergian almarhum. Tapi kami berharap agar yang meninggal bukan om Danny karena kami belum lihat jenazah Om Danny," ungkapnya.

Baca juga: Jumlah Kasus DBD di Kabupaten Ngada Tahun 2021 Hanya 39 Kasus, Simak Penjelasan Kadis Kesehatan

Hingga kini, Margareta masih belum percaya bahwa yang tewas ditembak oleh KKB Papua bukan almarhum Brigjen TNI I Gusti. Dia masih mengharapkan mujizat dari Tuhan supaya adik iparnya itu masih tetap hidup.

Halaman
123
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved