Breaking News:

Ini Dia 51 Remaja Sikka yang Bersaing Jadi Duta GenRe 2021

Sebanyak 51 remaja yang duduk di bangku SMP, SMA dan perguruan tinggi (PT) di Kabupaten Sikka sedang mengikuti lomba Duta GenRe 2021

Penulis: Aris Ninu | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Kadis P3KB Sikka, dr. Maria BS.Nenu 

POS-KUPANG.COM | MAUMERE-Sebanyak 51 remaja yang duduk di bangku SMP, SMA dan perguruan tinggi (PT) di Kabupaten Sikka sedang mengikuti lomba ajang pemilihan Duta Generasi Berencana ( Duta GenRe) 2021 di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3KB) Sikka, Kamis (15/4/2021) pagi.

Pemilihan Duta GenRe 2021 Tingkat Kabupaten Sikka ini akan berlangsung sampai Sabtu (17/4/2021) mendatang.

Para remaja yang terpilih akan menjadi utusan Kabupaten Sikka ke tingkat provinsi.

Kadis P3KB Kabupaten Sikka, dr. Maria BS Nenu kepada POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Kamis (15/4/2021) siang menjelaskan, ajang pemilihan Duta GenRe 2021 tingkat kabupaten dilaksanan secara online dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Cak Imin Di Mata Keluarga Gus Dur: Dulunya Pegang Tas Bapak Lalu Nendang Bapa Hingga Lupa Minta Maaf

Baca juga: Datang ke Lembata, Wagub Nae Soi Pantau Distribusi Logistik Kepada Pengungsi

"Proses pemilihan dimulai hari ini sampai Sabtu (17/4/2021). Para remaja yang terbaik akan dipilih mewakili Sikka ke tingkat provinsi," papar Maria.

Ia mengatakan, kehadiran Duta GenRe Sikka sangat penting guna menyosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya. Yang mana Genre adalah suatu program pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa," jelas Maria.

Baca juga: Suasana Pelaksanaan USBD di SMPN 8 Borong Manggarai Timur

Baca juga: Proses Pencarian 1 Korban Hilang di Desa Nelelamadike Adonara Terus Dilakukan

Ia mengungkapkan, Duta Genre hadir dalam rangka menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas.

Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja sehingga peran Duta Genre perlu terus dilaksanakan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Berita Kabupaten Sikka

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved