Breaking News:

Polres Mabar Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Ranaka 2021

Pihak Polres Manggarai Barat ( Mabar) menggelar apel pasukan Operasi Keselamatan Ranaka 2021

Penulis: Gecio Viana | Editor: Kanis Jehola
Dokumentasi Humas Polres Mabar untuk POS-KUPANG.COM
Suasana apel pasukan Operasi Keselamatan Ranakah 2021 di Mapolres Mabar, Senin (12/3/2021). 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Pihak Polres Manggarai Barat ( Mabar) menggelar apel pasukan Operasi Keselamatan Ranaka 2021. Apel tersebut digelar pada Senin (12/3/2021) di Mapolres Mabar.

Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. memimpin apel yang dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik pada lebaran tahun ini, sekaligus untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dalam amanat Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. yang dibacakan oleh Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengatakan bahwa permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Child Fund dan LPMM Kupang Bagi Bantuan Ke Sejumlah Anak Korban Badai Seroja

Baca juga: Penjabat Bupati Sumba Barat Dan Bank NTT Serahkan Bantuan Bagi Korban Bencana Banjir Wanokaka

Menurutnya, perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital. Di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan Handphone. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

"Polisi Lalu Lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan)," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima POS-KUPANG.COM, Selasa (13/4/2021).

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kapolda NTT mengharapkan bisa mewujudkan dan memelihara Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas).

Baca juga: Gebrakan Terbaru Dari Maybank Indonesia Lewat Program My Happy & Lucky Bank

Baca juga: 49 Warga di Kelurahan Liliba Kupang Akan di Relokasi ke Wilayah Baru, Simak Infonya

Selain itu, bisa meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan Lalu Lintas, dan membangun budaya tertib Berlalu Lintas serta upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Keempat hal tersebut memiliki kompleksitas yang tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

"Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved