Breaking News:

Bencana Alam NTT

Warga Diaspora Flotim Jabodetabek Galang Bantuan untuk Korban Badai di Adonara Flores Timur

bantuan mengatakan, penggalangan bantuan dibuka sehari selepas terjadinya bencana banjir bandang di Pulau Adonara

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Posko penggalangan dana diaspora Flotim Jabodetabek 

Warga Diaspora Flotim Jabodetabek Galang Bantuan untuk Korban Badai di Adonara

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Warga diaspora Flores Timur di Jabodetabek terus melakukan penggalangan dana bantuan kepada korban bencana alam di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Hilar BC Da Silva, penanggung jawab penggalangan bantuan mengatakan, penggalangan bantuan dibuka sehari selepas terjadinya bencana banjir bandang di Pulau Adonara, Minggu 4 April 2021.

“Sehari setelah badai, kami menggelar rapat antara dua organisasi diaspora Flotim yakni Kerukunan Keluarga Titehena dan Ormas Kontas Flotim. Dalam rapat itu kami sepakat membentuk tim bersama,” ujarnya kepada wartawan, Kamis 8 April 2021.

Bentuk donasi yang diterima berupa bantuan uang tunai yang ditampung di du rekening milik Titehena serta Kontas Flotim. Selain itu, pihaknya juga menerima bantuan berupa barang yang sangat dibutuhkan di lokasi bencana dengan prioritas obat-obatan, makanan cepat saji, pakaian layak pakai, selimut serta tenda.

Baca juga: Begini Update Korban Banjir Bandang di Pulau Adonara Flores Timur

Baca juga: Bantuan Mabes Polri Bagi Bencana Alam di Pulau Adonara dan NTT Mulai Berdatangan

“Berdasarkan informasi langsung dari lokasi bencana alam, barang-barang itulah yang paling dibutuhkan saat ini,” katanya.

Barang-barang tersebut, lanjutnya, ditampung di beberapa posko dengan posko utama terletak di SMA Pax Patria, Taman Galaxy, Bekasi, serta posko lainnya di Sekretariat Kontas di Pegangsaan Dua, Kepala Gading, Jakarta Utara, kemudian di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, serta di Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

Ia mengaku pihaknya sudah bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk mengirimkan barang-barang bantuan menggunakan kapal milik matra laut tersebut. Rencananya barang-barang yang telah terkumpul akan diberangkatkan Jumat 9 April 2021, besok.

“Posko ini akan kami buka sampai dua pekan ke depan, sekitar tanggal 20-an April,” kata Sekjen Kontas Flotim ini.

Baca juga: Warga Adonara Ini Jalan Kaki Sambil Angkat Barang Melewati Batu dan Lumpur Banjir Bandang Flotim

Baca juga: Terhanyut 200 Meter,Begini Perjuangan Polisi Niko Selamatkan Diri dari Banjir di Adonara Flotim

Terpisah, Sekjen Titehena, Haris Tokan menjelaskan setelah penggalangan bantuan tahap darurat, pihaknya mencanagkan penggalangan bantuan tahap pemulihan atau recovery. Akan tetapi, bentuk penggalangan bantuan tersebut, masih belum diputuskan oleh panitia bersama.

“Kami masih harus bertemu dengan berbagai institusi yang rencananya akan kami gandeng untuk melakukan rehabilitasi di daerah bencana alam,” tutupnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved