Breaking News:

Kadis Perindag Sumba Barat, Pasar Baru Weekarou,Bisa Menampung 800-900 Pedagang

pedagang yang saat ini berjualan  di lokasi eks pasar lama Kota Waikabubak, Sumba Barat paling lambat  tanggal 5 April 2021.

Penulis: Petrus Piter | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Pedagang berjualan hingga pinggir jalan di pasar lama kota Waikabubak, Sumba Barat, Senin 29 Maret 2021 

Jelang Penertiban Pasar Lama, Kadis Perindag Sumba Barat, Pasar Baru Weekarou,  Bisa Menampung 800-900 Pedagang

POS-KUPANG.COM|WAIKABUBAK---Menjelang rencana penertiban pedagang yang berjualan di lokasi eks pasar lama Kota Waikabubak, Sumba Barat, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumba Barat, Ir.Israel Meok di ruang kerjanya, Senin 29 Maret 2021 menegaskan, pihaknya menargetkan menertibkan seluruh pedagang yang saat ini berjualan  di lokasi eks pasar lama Kota Waikabubak, Sumba Barat paling lambat  tanggal 5 April 2021.

Target pemerintah adalah menertibkan seluruh pedagang yang berjualan di eks lokasi pasar lama Kota Waikabubak, Sumba Barat dan mengarahkannya kembali berjualan di lokasi pasar baru weekarou.

Sebab sesuai surat keputusan bupati Sumba Barat tahun 2017 melarang pedagang berjualan di pasar lama kota Waikabubak dan hanya berjualan di pasar baru weekarou. Larangan tersebut masih berlaku sampai saat ini.

Pasar Weekarou mampu menampung 800-900 pedagang. Sedangkan pedagang pasar lama yang terdata sekitar 500-600 pedagang. 

Baca juga: Belalang Kembara Serang Lahan Tanaman Jagung Petani Lokory Sumba Barat, 5 Hektar udes

Baca juga: Pemkab Sumba Barat Daya Usulkan 71  Pemekaran Desa Baru, Simak Kata Kadis PMD

Bangunan pasar Weekarou representatif bagi pedagang. Sayangnya ratusan pedagang yang secara resmi telah dipindahkan pemerintah  berjualan di pasar Weekarou itu secara tiba-tiba sekitar 6-7 bulan lalu kembali berjualan di lokasi eks pasar lama.

Selama ini, pemerintah bukan berdiam saja melihat kenyataan yang terjadi. Sudah berulang kali, pemerintah mendatangi pedagang, menasehati agar kembali berjualan di lokasi pasar Weekarou.

Sayangnya, saran itu tak digubris pedagang. Para pedagang justru bertambah banyak datang berjualan di lokasi eks  pasar lama. Dampaknya kota Waikabubak nampak kumuh dan sering menimbulkan kemacetan.

Baca juga: Penjabat Bupati Sumba Barat Ajak  ASN  Sukseskan Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pembangunan

Baca juga: Di Sumba Barat Daya, Kades Tema Tana Keluhkan Petani Sulit Mendapatkan Pupuk, Ini Masalahnya

Karena itu demi ketertiban umum dan penegakan aturan maka pemerintah dalam hal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumba Barat telah mengadakan rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk menertibkan para pedagang yang berjualan di lokasi eks pasar lama itu.

Persiapan tim sudah mantap dan tinggal eksekusi.  Target tanggal 5 April 2021, tim menertibkan para pedagang dan mengarahkan semua kembali berjualan di pasar baru weekarou. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved