Breaking News:

Berita Sumba Barat Berteman

Belalang Kembara Serang Lahan Tanaman Jagung Petani Lokory Sumba Barat, 5 Hektar udes

Belalang kembara mulai menyerang tanaman jagung milik petani di pesisir pantai Bina Natu khususnya dan Desa Lokory umumnya di Kecam

Penulis: Petrus Piter | Editor: Ferry Ndoen
istimewa
Foto tim brigade Sumba Barat dan Propinsi NTT yang siap melakukan penyemprotan terhadap hama belalang yang menyerang tanaman jagung sudah berisi di Desa Lokory Sumba Barat. Foto Kadis Pertanian Sumba Barat. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---Belalang kembara mulai menyerang tanaman jagung milik petani di pesisir pantai Bina Natu khususnya dan Desa Lokory umumnya di Kecamatan Tanah Righu, Kabupaten Sumba Barat semenjak awal  Maret 2021. Akibatnya 5 hektar are tanaman jagung milik petani yang sudah berisi ludes dimakan belalang.

Untuk mengatasi hal itu, pemerintah Kabupaten Sumba Barat  menerjukan tim brigade bersama tim dari Dinas Pertanian NTT  ke lokasi kejadian di pantai Bina Natu Sumba Barat untuk melakukan penyemprotan obat terhadap hama belalang tersebut. Kini tanaman jagung diatas lahan sekitar 5 ha itu nampak bersih daun-daunnya dan hanya menyisahkan batang jagung yang masih berdiri kokoh. Padahal para petani tinggal menunggu waktu panen saja.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat, Ir.Amos R.Dida di Waikabubak, Sumba Barat, Jumat (26/3/2021).

Menurutnya, secara umum, tim brigade  Kabupaten Sumba Barat dan  Propinsi NTT bersama masyarakat terus melalukan penyemprotan hama belalang di wilayah Desa Lokory, Kecamatan Tanah Righu, Sumba Barat. Dan sampai saat ini serangan hama belalang tersebut dapat terkendali.  Walau demikian petugas bersama masyarakat terus melakukan monitiring terhadap perkembangan serangan hama belalang di wilayah itu. Dan bila terjadi serangan baru, tim langsung melakukan penyemprotan membasmi wama belalang kembara itu.(pet)

Foto tim brigade Sumba Barat dan Propinsi NTT  yang siap melakukan penyemprotan terhadap hama belalang yang menyerang tanaman jagung sudah berisi di Desa Lokory Sumba Barat. Foto Kadis Pertanian Sumba Barat.
Foto tim brigade Sumba Barat dan Propinsi NTT yang siap melakukan penyemprotan terhadap hama belalang yang menyerang tanaman jagung sudah berisi di Desa Lokory Sumba Barat. Foto Kadis Pertanian Sumba Barat. (istimewa)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved