Bansos

Menteri Sosial: Bulan Ini Bansos Bakal Cair untuk 2.000 KK Suku Anak Dalam

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Sebanyak 2.000 kepala keluarga (KK) Suku Anak Dalam akan mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah.  Bansos yang

Editor: John Taena
istimewa
Menteri Sosial: Bulan Ini Bansos Bakal Cair untuk 2.000 KK Suku Anak Dalam 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Sebanyak 2.000 kepala keluarga (KK) Suku Anak Dalam akan mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah. 

Bansos yang diperuntukan bagi 2000 KK Suku Anak Dalam di Jambi, kata Menteri Sosial Tri Rismaharini akan dicairkan pada bulan ini.

"Insya Allah bulan ini kita cairkan untuk 2.000 KK lebih Suku Anak Dalam, karena kemarin hasil padanannya sudah 3.000 perekaman tapi mungkin karena mereka mutar nomaden. Jadi double," ucap Risma di Kawasan GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/3/2021).

Risma mengatakan perekaman data juga terkendala pada para perempuan Suku Anak Dalam karena takut.

Baca juga: Kasus Suap Bansos, Kuasa Hukum Sebut Ada yang Mau Cuci Tangan di Kasus Juliari Batubara, Siapa?

Baca juga: Begini Modus Licik Juliari Batubara Korupsi Dana Bansos Sampai Tak Tercium, Bikin Syok

Kemensos bakal melibatkan petugas wanita agar para perempuan di Suku Anak Dalam mau untuk didata.

"Nah ini kemarin ada yang perempuan itu kan enggak mau, mereka rekaman karena takut apa. Nanti mungkin kita akan rekam ulang dengan petugas perempuan. Sehingga kita lebih bisa memasukan data mereka," ucap Risma.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif, Bersama Mensos Tri Risma dan Bupati Batang Hari dalam peninjauan dan pemberian bantuan langsung di hutan tempat tinggal Suku Anak Dalam Jambi, Rabu (10/3/2021).
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif, Bersama Mensos Tri Risma dan Bupati Batang Hari dalam peninjauan dan pemberian bantuan langsung di hutan tempat tinggal Suku Anak Dalam Jambi, Rabu (10/3/2021). (istimewa)

Pencairan bantuan pada bulan Maret, kata Menteri Risma, akan digabung dengan yang bulan April.

"Jadi 2.000 lebih yang itu akan kita turunkan bantuannya di bulan Maret ini. Dan itu double sama bulan April enggak apa-apa, kita akan majukan yang bulan April," pungkas Risma.

Baca juga: Kemensos Lakukan Perbaikan Data Penerima Bansos

Baca juga: Cita Citata Terseret Kasus Dugaan Korupsi Bansos, Ia Terima Uang Usai Ikut Kegiatan di Labuan Bajo

Seperti diketahui, Kemensos melakukan penataan data penerima bantuan sosial terhadap Suku Anak Dalam di Jambi.

Langkah ini dilakukan agar warga Suku Anak Dalam terintegrasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sekaligus menyelaraskan dengan data Administrasi kependudukan (Aminduk).

Setelah terintegrasi DTKS, maka warga Suku Anak Dalam dapat terakses program perlindungan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), serta program pemerintah yang lainnya.

“Berbagai paket bantuan yang diberikan kami hanya berupa bahan kontak atau pendekatan kepada Suku Anak Dalam agar mereka berdaya dan mandiri," kata Risma melalui keterangan tertulis, Kamis (11/3/2021).

Baca juga: Silakan Cek Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Maret 2021, Akses dtks.kemensos.go.id

Baca juga: Cair Di Bulan Maret 2021, Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu Akses Buka laman dtks.kemensos.go.id

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menteri Risma: Bansos Bakal Cair untuk 2.000 KK Suku Anak Dalam,

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved