Breaking News:

Opini Pos Kupang

Kunker Presiden Joko Widodo ke NTT: Oase di Tengah Padang Gurun

Kunker Presiden Joko Widodo ke Provinsi NTT: OASE di Tengah Padang Gurun

Kunker Presiden Joko Widodo ke NTT: Oase di Tengah Padang Gurun
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Kunker Presiden Joko Widodo ke Provinsi NTT: OASE di Tengah Padang Gurun

Oleh: Paulinus Sukur, S. Pd, Kepala SMAN 1 Waikabubak-Sumba Barat

POS-KUPANG.COM - Tulisan ini saya awali dengan menyapa, salam sejahtera dan salam sehat buat kita semua. Semoga kita senantiasa dilindungi Yang Maha Kuasa dan tidak kurang apapun.

Beberapa hari terakhir pasca kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di dua kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yaitu Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sikka pada tanggal 23 Februari 2021, berseliweran komentar/pendapat dan bahkan ocehan di beranda facebook, Instagram, twitter dan bahkan media cetak yang intinya menyoroti "kerumunan" pada kunjungan tersebut.

Tidak sedikit komentar bernada miring dan sinis, misalnya kunjungan tersebut tidak melaksanakan atau menaati protokol kesehatan (prokes). Lebih jauh lagi mereka membandingkan kejadian tersebut dengan peristiwa di Petamburan-Jakarta dan Megamendung-Bogor yang berujung pada pencopotan 2 Kapolres (Jakarta Pusat & Bogor) serta penonaktifan 2 kapolda yaitu Kapolda Metro Jaya & Kapolda Jawa Barat.

Warga Gotong-Royong Bersihkan Rumput di Jalan

Kelompok ini melihat dari sisi keadilan sehinggga Kapolda NTT dan 2 kapolres di dua kabupaten tersebut harus dilakukan hal yang sama.

Namun banyak juga komentar yang intinya tidak melihat kejadian itu sebagai peristiwa yang melanggar prokes dengan alasan bahwa bukti kerinduan rakyat yang besar terhadap pemimpin negaranya yang terus berjuang bersama rakyat dengan tekad agar segera keluar dari garis kemiskinan.

Lalu bagaimana fakta yang terjadi sesungguhnya?
Selasa, 23/02/2021 pesawat kepresiden RI 1 yang mengangkut Presiden dan rombongan take off dari Halim Perdanakusuma dan mendarat dengan selamat di bandara Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya.

Alam sandelwood rupanya sungguh bersahabat dengan jam kedatangan sang presiden pagi itu. Cuaca cerah sedikit dibaluti awan putih, Presiden turun dan sebagaimana kebiasaan protokoler kenegaraan, beliau disambut Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Pangdam IX Udayana, Kapolda NTT serta sederetan pejabat Provinsi dan Kabupaten lainnya di Sumba.

Kerumunan, Corona dan Spontanitas Warga Tenggelamkan Napun Gete

Setelah disampaikan ucapan selamat datang oleh tuan rumah, rombongan RI 1 selanjutnya bergerak menuju lokasi yang dituju dengan menggunakan mobil plat merah RI 1 dan sejumlah kendaraan iring-iringan Presiden.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved