Breaking News:

Salam Pos Kupang

Jangan Sia-siakan Bendungan Napun Gete

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Bendungan Napun Gete di Desa Ilinmedo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka

Jangan Sia-siakan Bendungan Napun Gete
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Bendungan Napun Gete di Desa Ilinmedo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, hari Selasa, 22 Februari 2021. Ini merupakan bendungan ketiga yang selesai dibangun Pemerintahan Jokowi di Provinsi NTT.

Dua bendungan lainnya yang sudah dibangun di masa pemerintahannya adalah Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang dan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu.

Bendungan lain yang masih dalam proses pengerjaan adalah Bendungan Temef di Kabupaten TTS, Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang dan Bendungan Lambo di Kabupaten Nagekeo. Sedangka Bendungan Kolhua di Kota Kupang yang semula direncanakan akan dibangun di masa pemerintahannya masih belum jelas karena tersandung masalah sosial.

Cegah Covid-19, Satgas Rapid Antigen Seluruh Karyawan Pancaran Mart & Toko Widi Borong

Membangun bendungan merupakan salah satu strategi pemerintahan Jokowi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTT yang mayoritas pekerjaan masyarakatnya bertani.

Menurut Jokowi, persoalan mendasar untuk meningkatkan produksi pertanian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTT adalah keterbatasan atau kekurangan air. Mana mungkin para petani bisa menanam tanaman pangan, pertanian, perkebunan, perdagangan dan tanaman lainnya kalau tidak ada air. Semua tanaman sudah pasti membutuhkan air.

Mengejutkan, Pengamat Ungkap Dugaan TGB Tak Setuju Pengusungan AHY? TGB Keluar dari Demokrat

Jokowi melihat, persoalan kekurangan air di Provinsi NTT disebabkan dua hal utama. Selain curah hujan di NTT sangat kurang, hanya tiga sampai empat bulan dalam setahun, juga ada persoalan lainnya. Terkadang, dalam kurun waktu tiga sampai empat bulan, curah hujan di NTT melebihi atau di atas rata-rata. Tapi air hujan yang turun di wilayah NTT dibuang begitu ke laut karena tidak adanya wadah untuk menahan dan 'menanam air.' Sehigga begitu hujan selesai, NTT akan kembali kering, tidak ada air.

Karena itulah menurut Presiden Jokowi untuk membangun pertanian di Provinsi NTT maka hal utama yang perlu disiapkan ialah membangun wadah untuk menampung air dalam hal ini bendungan.

Dengan adanya bendungan diharapkan ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat NTT, baik untuk air baku maupun untuk pertanian serta kebutuhan lainnya bisa terpenuhi demi kemakmuran masyarakat.

Dengan selesai dibangunnya Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka serta beberapa bendungan lainnya yang sudah dibangun di NTT diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitarnya. Jangan sampai bendungan yang dibangun dengan dana ratusan miliar hingga triliunan rupiah disia-siakan begitu saja.

Dengan adanya bendungan, kebutuhan akan air baku, air irigasi dan listrik sudah tentu bisa dipenuhi. Namun manfaat lain yang terjadi adalah aspek pariwisata. Lokasi bendungan tentu menjadi tempat wisata bagi masyarakat lokal maupun yang datang ke daerah itu. Karena itu masyarakat di sekitar lokasi harus diberdayakan dengan membangun usaha kios, kuliner, dan usaha lainnya yang bisa meningkatkan pendapatan mereka. *

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved