Breaking News:

Salam Pos Kupang

Makna Kunjungan Jokowi

PRESIDEN Joko Widodo ( Jokowi) kembali mengunjungi Nusa Tenggara Timur. Jokowi akan tiba hari ini, Selasa (23/2/2021)

Makna Kunjungan Jokowi
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - PRESIDEN Joko Widodo ( Jokowi) kembali mengunjungi Nusa Tenggara Timur. Jokowi akan tiba hari ini, Selasa (23/2/2021). Dalam lawatannya kali ini, Kepala Negara akan mengunjungi Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah. Jokowi akan meninjau lokasi Food Estate di Desa Makatakeri, Kecamatan Katikutana.

Dari Pulau Sumba, Jokowi bersama rombongan bergeser ke Pulau Flores. Presiden ke-7 Indonesia ini diagendakan meresmikan Bendungan Napun Gete di Desa Ilinmedo, Kecamatan Waiblama.

Pembangunan Bendungan Napun Gete dimulai sejak Januari 2017, menelan dana sekitar Rp 800 miliar. Bendungan Napun Gete mampu menampung air sebanyak 11 juta meter kubik. Selain menyuplai air bersih bagi 300 ribu lebih warga Sikka, Napun Gete menjadi sumber irigasi untuk lahan pertanian seluas 300 hektar.

Kasus Penemuan Mayat di Pahunga Lodu - Keluarga Korban Tolak Autopsi

Kunjungan Jokowi ke NTT bukan baru pertama kali. Melainkan sudah banyak kali. Saking sering berkunjung sampai Jokowi lupa menghitung.

"Provinsi lainnya paling saya ada di sana (kunjungi) hanya satu kali, dua kali, dan tiga kali. Tapi, di NTT saya sudah tidak bisa hitung lagi sudah berapa kali," celetuk Jokowi suatu ketika.

KABAR DUKA: Satu Lagi Pasien Covid-19 di Sumba Timur Meninggal Dunia

Sebagaimana kita ketahui bahwa selama tahun 2014-2018, Jokowi telah telah delapan kali menginjakkan kakinya di NTT. Setelah tahun 2018, Jokowi masih mengunjungi NTT. Artinya, telah lebih dari sepuluh kali Jokowi berkunjung ke NTT. Sesuatu yang luar biasa bagi masyarakat dan daerah NTT.

Frekuensi kunjungan yang banyak dapat membentuk ikatan emosional. Dengan demikian, dapat dimaknai bahwa Jokowi sangat mencintai NTT. Jokowi begitu peduli terhadap pembangunan NTT.

Hal ini ditandai dengan setelah kembali dari kunjungan, ia dan timnya merumuskan program-progam strategis sesuai dengan problem yang ditemukan di lapangan, tentunya bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat dan daerah.

Pada masa kepemimpinan Jokowi, pembangunan NTT sangat digenjot. Tujuannya adalah mengentaskan kemiskinan yang selama ini mendera masyarakat dan daerah.

Jokowi bertekad mensejajarkan NTT dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Jokowi tahu betul NTT memiliki potensi unggulan yang jika dikelola dengan baik memberi dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sama sepeti kedatangannya pada waktu sebelumnya, kita berharap kehadiran Jokowi kali ini juga memberi efek lebih kepada NTT. Tidak sebatas melaksanakan ritual seremonial meresmikan Bendungan Napun Gete Sikka dan meninjau lokasi Food Estate di Sumba Tengah.

Kehadiran Jokowi tentunya akan memberikan semangat, harapan, dan optimisne untuk terus-menerus membangun NTT. Spirit ini hendaknya tumbuh dalam diri pemerintah dan masyarakat NTT. Selanjutnya menjelma dalam tindakan dan perbuatan untuk membangun. Terima kasih Jokowi atas perhatian dan kunjungan berkali-kali ke NTT.*

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved