Breaking News:

Ketua Komisi V DPRD NTT : Benahi Pola Koordinasi Pengentasan Kemiskinan dengan Kabupaten

mengingatkan agar pemerintah menaruh perhatian pada akselerasi pembangunan di Provinsi NTT. 

Pos Kupang/Oby Lewanmeru
Yunus Takandewa 

Provinsi NTT Provinsi Termiskin Ketiga se Indonesia, Ketua Komisi V DPRD NTT : Benahi Pola Koordinasi Pengentasan Kemiskinan dengan Kabupaten

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Provinsi Nusa Tenggara Timur menempati peringkat ketiga provinsi termiskin di Indonesia berdasarkan data BPS pada 15 Februari 2020. 

Dengan prosentase angka kemiskinan 21,21 persen, Provinsi NTT hanya berada di atas Papua Barat dengan 21,7 persen dan Papua dengan 26,8 persen pada September 2020.

Kepala BPS Provinsi NTT Darwis Sitorus menjelaskan, ada peningkatan persentase penduduk miskin sebesar 0,31 persen sejak Maret 2020 sehingga persentase penduduk miskin di NTT menjadi 21,21 persen pada September 2020. Jumlah penduduk miskin di NTT pada September 2020 sebanyak  1.173,53 ribu, bertambah 19,77 ribu dari periode Maret 2020.

Terkait kondisi itu, Ketua Komisi V DPRD NTT yang membidangi kesejahteraan rakyat, Yunus H. Takandewa mengingatkan agar pemerintah menaruh perhatian pada akselerasi pembangunan di Provinsi NTT. 

Kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (18/2), Yunus Takandewa menyebut akselerasi pembangunan mesti menjadi perhatian pemerintah provinsi sesuai visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJMD. Selain itu, Pemprov juga perlu membenahi pola koordinasi pengentasan kemiskinan kabupaten/kota agar percepatan pengentasan kemiskinan dapat segera terwujud. 

"Pemetaan problem pelayanan publik, pembenahan infrastruktur jalan, dan berbagai kebutuhan dasar harus menjadi agenda prioritas pemerintah," ujar Yunus Takandewa.

Politisi PDIP itu juga menyoroti pemberian kemudahan perizinan, pelayanan kesehatan dan pendidikan dan akses permodalan. "Kita masih butuh kerjasama dalam peningkatan angkatan kerja produktif di semua sektor jasa, baik jasa konstruksi, pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan," tambah dia. 

Tambahan 19,7 Ribu Orang Miskin Baru, Provinsi NTT Tempati Provinsi Termiskin Ketiga se Indonesia

Kepala BPS Provinsi NTT : Tertinggi, Angka Kemiskinan di Kabupaten Sumba Tengah 

Provinsi NTT Tempati Provinsi Termiskin Ketiga se Indonesia, Pemprov : Hal Yang Wajar dan Logis 

Ketua LKBH FH Undana: Turut Berduka Atas Kasus yang Menimpa Ali Antonius,Ini Mencederai  UU Advokat

Kronologi Advokat Senior Antonius Ali Terkait Keterangan Palsu yang Berakhir Ditangan Kejati NTT

Pemerintah juga menurutnya, harus memacu produktivitas rakyat melalui berbagai kegiatan UMKM dan perkuat konsolidasi potensi pariwisata yang terus menjadi primadona nasiiobal bahkan manca negara. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong) 

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved