Breaking News:

Pemkab Sumba Timur Tutup Pelabuhan ASDP di Kanatang 

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melakukan penutupan sementara Pelabuhan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan ( ASDP)

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Pemerintah Kabupaten Sumba Timur menutup sementara dermaga Penyeberangan Waingapu di Kanatang. Gambar diambil Minggu (31/1/2021). 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melakukan penutupan sementara Pelabuhan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan ( ASDP) Indonesia Ferry atau Pelabuhan Ferry Kanatang. Penutupan pelabuhan ini karena tidak layak digunakan sehingga perlu direhabilitasi.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Minggu (31/1/2021), suasana pelabuhan yang terletak di Kecamatan Kanatang ini sepi. Dari depan terlihat pintu gerbang tertutup,baik pintu gerbang utama maupun pintu gerbang menuju dermaga.

Di pintu gerbang utama nampak terpasang baliho bertuliskan 'Pengumuman, Dermaga Penyeberangan Waingapu Ditutup Sementara'. Baliho ini diikat pada terali pintu gerbang.

Baca juga: RSUD Lewoleba Pastikan Jenazah Dari Wulandoni yang Diangkut Paksa Keluarga Terpapar Covid-19

Baliho yang sama ditempelkan di depan gedung terminal penumpang. Selain baliho, ada juga pemberitahuan yang ditempel di jendela gedung terminal penumpang.

Pemberitahuan itu ditujukan kepada GM PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Supervisi Waingapu, GM PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Sape Supervisi Waingapu.

Baca juga: Pemprov NTT Telah Proses Pengusulan Pemberhentian Bupati di 6 Kabupaten 

Surat pemberitahuan itu ditandatangani oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Timur, Drs. Umbu Tay Hukapati.

Dalam pemberitahuan ini disampaikan bahwa sesuai surat Bupati Sumba Timur Nomor: DISHUB .ST /550/2.409/ XII/2020, tertanggal 7 Desember 2020 perihal penutupan sementara dermaga Penyeberangan Waingapu dan sehubungan akan dilakukan rehabilitasi atau perbaikan pada tahun 2021 secara bertahap, maka disampaikan,

Pertama, untuk kepentingan perbaikan atau rehabilitasi dermaga Penyeberangan Waingapu yang rusak berat dan tidak layak lagi dioperasikan, maka akan dilakukan penutupan sampai dengan selesainya perbaikan atau rehabilitasi.

Kedua, selama penutupan sementara, semua operasional pelayanan penyeberangan kapal Ferry dari dan ke Waingapu dialihkan ke Pelabuhan Nusantara Waingapu.

Sementara kondisi dermaga, baik jembatannya dan fender (penahan benturan saat kapal sandar). Sementara di landing deck (jalur naik turun kendaraan ) terdapat tumpukan sampah.  Sementara alat penambat masih terlihat bagus.

Nampak ada satu bangunan kecil yang digunakan petugas berada persis di dekat landing deck. Bangunan kecil ini tertutup rapat pintu maupun jendelanya.

Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M. Si  yang dikonfirmasi,  membenarkan adanya penutupan sementara dermaga Penyeberangan Kapal Ferry itu.

Menurut Gidion, penutupan yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat sangat beralasan, karena bangunan dermaga itu sudah tidak layak untuk digunakan.

" Kita tutup sementara karena kalau dipaksakan,  maka kendaraan yang naik turun bisa terjatuh," kata Gidion. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved