Breaking News:

Pilkada Sumba Barat

Terkait Laporan Tim Niga-Oris, Bawaslu Sumba Barat Rekomendasi  KPU Tak  Menyertakan Nama  KPPS

Koordinatir divisi hukum penanganan dan penyelesaian sengketa Bawaslu Kabupaten Sumba Barat,  Papi B.Ndjurumana, STh  mengatakan berdasarkan hasil pem

Penulis: Petrus Piter | Editor: Ferry Ndoen
PK/Petrus Piter
Koordinator divisi hukum penanganan dan penyelesaian masalah Bawaslu Sumba Barat, Papi B.Ndjurumana, STh 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---Koordinatir divisi hukum penanganan dan penyelesaian sengketa Bawaslu Kabupaten Sumba Barat,  Papi B.Ndjurumana, STh  mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap anggota KPPS TPS I Desa Manukuku, Kecamatan Tanah Righu, Sumba Barat atas laporan tim sukses pasangan calon nomor urut 3 Drs.Agustinus Niga Dapawole-Gregorius HBL Pandango, S.E dalam hal ini Agustinus Malana atas dugaan tindakan pelanggaran pemilu di TPS I Desa Manukuku, Kecamatan Tanah Righu karena tidak melakukan sumpah terlebih dahulu sebelum proses pemungutan suara berlangsung tanggal 9 Desember 2020 memperoleh keterangan bahwa benar penyelenggaran pemilu dalam hal ini Ketua  KPPS tidak melakukan  pengambilan sumpah sebelum proses pemungutan suara berlangsung. Tidakan tersebut tidak sesuai proses kerja.

Karena itu Bawaslu Sumba Barat merekomendasikan kepada KPU Sumba Barat  dalam hal melakukan proses perekrutan tenaga penyelenggara pemilu disemua tingkatan mulai kabupaten, kecamatan hingga desa agar tidak menyertakan lagi nama-nama anggota KPPS TPS I Desa Manukuku  sekarang untuk  terlibat pada pemilu berikut atau pemilu mendatang.

Selain itu Bawaslu Sumba Barat juga merekomendasikan agar KPU Sumba Barat berulangkali memberikan bimbingan teknis kepada penyelenggara hingga benar-benar memahami tugasnya. Dengan demikian, kejadian seperti itu tidak terjadi lagi pada pemilu mendatang.

Koordinator divisi hukum penanganan dan penyelesaian sengketa Bawaslu Sumba  Barat,  Papi B.Ndjurumana, STh menyampaikan hal itu ketika dikonfirmasi ke telepon selulernya, Sabtu (26/12/2020).

Menurutnya, kesalahan atau kelalaian Ketua KPPS TPS I Desa Manukuku, Kecamatan Tanah Righu, Sumba Barat yang tidak melakukan pengambilan sumpah sebelum proses pemungutan suara berlangsung lebih karena kesalahan administrasi. Karenanya Bawaslu Sumba Barat merekomendasikan kepada KPU Sumba Barat agar menjadi perhatiannya pada pemilu-pemilu mendatang.

Ia menambahkan selama proses pemungutan suara dan perhitungan suara ditingkat KPPS, PPK hingga tingkat kabupaten, Bawaslu Sumba Barat hanya menerima satu laporan dari tim sukses paket Niga-Oris. Sedangkan laporan dari  lain atau masyarakat tidak ada.

Sementara komisioner KPU Sumba Barat yang juga adalah juru bicara KPU Sumba Barat, Teguh Raharjo secara terpisah diminta komentar atas rekomendasi Bawaslu Sumba Barat tersebut mengatakan,  saat ini  pihaknya sedang menindklanjuti rekomendasi itu dengan meminta klarifikasi dari ketua KPPS TPS I Desa Manukuku itu. Dalam dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengadakan  rapat bersama memutuskannya

Karenanya ia menghimbau masyarakat bersabar dan tenang menunggu hasil kerja KPU Sumba Barat nanti. (Pet)

 
Area lampiran

Pratinjau lampiran IMG-20200919-WA0048.jpg 


IMG-20200919-WA0048.jpg

 
 

Baca juga: BREAKING NEWS: Di Sikka - NTT, Bidan Puskesmas Disekap Maling, 4 Jari Tangan Terluka, SADIS

Baca juga: Ini Jadi Alasan Persija Jakarta Terpilih Sebagai Klub Terkenal di ASEAN, Simak INFO


BalasTeruskan

 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved