Breaking News:

BP4D Belu Launching Website OMA SIMPPATI

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah ( BP4D) Kabupaten Belu melaunching OMA SIMPPATI

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Kepala BP4D, Florianus Nahak didampingi Kabid Perencanaan Vinsentia J.S.Koy memotong pita sebagai tanda peluncuran Website OMA SIMPPATI, Jumat (6/11/2020) 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Pemerintah Kabupaten Belu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah ( BP4D) meluncurkan (launching) inovasi baru berupa Website Optimalisasi Pengelolaan Data Perencanaan Pembangunan Terpadu, Terarah dan Transparan atau yang disebut OMA SIMPPATI.

Website OMA SIMPPATI yang digagas Kepala Bidang Perencanaan pada BP4D, Vinsentia J.S.Koy ini diluncurkan, Jumat (6/11/2020) yang ditandai dengan klikan perdana website dilanjutkan pemotongan pita oleh Kepala BP4D, Florianus Nahak. Pelucuran disaksikan sejumlah staff BP4D, perwakilan OPD dan wartawan.

Baca juga: Pimpinan Bank NTT Cabang Surabaya Dituntut Hukuman Tujuh Tahun Pidana Penjara

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Perencanaan BP4D Kabupaten Belu yang juga sebagai project leader inovaso, Vinsentia J.S.Koy menjelaskan, website OMA SIMPPATI merupakan inovasi baru dalam rangka membangun satu sistem data base perencanaan dan pembangunan di Kabupaten Belu. Masyarakat dan semua stakeholder dapat mengakses seluruh informasi melalui websitehttp://bp4d.belukab.go.id.

Project inovasi website OMA SIMPPATI ini memiliki latar belakang yakni terwujudnya transparansi perencanaan pembangunan daerah sebagaimana diamanatkan regulasi seperti, UU nomor 14 tahun 2018, Perpres nomor 95 tahun 2018, tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik, UU nomor 17 tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah. Kemudian, Perda Belu nomor 5 tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2008-2021.

Baca juga: Update Corona Sumba Timur - 39 Sampel Belum ada Hasil

Sebagai dapur pembangunan daerah, BP4D merupakan OPD yang bertanggungjawab dalam mewujudkan visi kepala daerah yang menekan pada peningkatkan kinerja birokrasi, penegakan hukum dan kualitas pelayanan publik.

Website OMA SIMPPATI ini merupakan satu inovasi baru yanh dapat menjawabi visi kepala daerah Kabupaten Belu.

"Ini merupakan langkah awal untuk dokumentasi sistem berbasis internet. Yang diambil untuk menjawabi persoalan yang terjadi dan dibutukan untuk kepentingan keterpaduan, keterarahan, dan transparansi rencana pembangunan yang dilakukan oleh BP4D sebagai dapurnya kegiatan pembangunan Pemkab Belu", terang Vinsentia.

Menurut Vinsentia, tujuan dari aksi perubahan ini adalah menyediakan data pembangunan daerah yang dapat dijadikan sebagai data dalam mengambil keputusan di daerah dan terorganisir. Kemudian, sebagai media Informasi, media interaksi dengan masyarakat serta menjadi tolok ukur aktif atau tidaknya kegiatan pemerintahan.

Selain itu, tersedianya data base rencana pembangunan secara optimal, tersedianya data berbasis internet yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Dengan adanya website ini, masyarakat Belu yang berada di daerah perantauan dapat mengakses dengan mudah tentang data dan informasi perkembangan pembangunan di Kabupaten Belu.

Menurut Vinsentia, dalam mendukung penyedian data yang update, admin webiste diberikan juga kepada setiap instansi termasuk DPRD agar bisa mengakses.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved