Breaking News:

Bersama Sehatkan Anak Semau, Peran Lebih Pertamina Entaskan Stunting

Program dimulai sejak Tanggal 15 Juni 2020 setelah akses ke wilayah Semau Selatan dapat dijangkau dengan penerapan protokol kesehatan

Penulis: Aris Ninu
Editor: Bebet I Hidayat
POS-KUPANG.COM/ist
PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Regional Jatimbalinus bekerjasama dengan Yayasan Jaringan Peduli Masyarakat (JPM) melaksanakan program Bersama Sehatkan Anak Semau (BERNAS) di Desa Uiboa dan  Desa Utiuthuan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM / KUPANG - PT Pertamina (Persero) Pemasaran Regional Jatimbalinus bekerjasama dengan Yayasan Jaringan Peduli Masyarakat (JPM) melaksanakan program Bersama Sehatkan Anak Semau (BERNAS) di Desa Uiboa dan  Desa Utiuthuan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, NTT.

Program dimulai sejak Tanggal 15 Juni 2020 setelah akses ke wilayah Semau Selatan dapat dijangkau dengan penerapan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan selama masa pandemi. 

Program ini bertujuan untuk mengurangi prevalensi anak gizi buruk dan meningkatkan ketahanan keluarga petani dalam upaya mengatasi akar permasalahan gizi buruk di Semau Selatan, kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Program ini diperkuat dengan kemitraan bersama Pemerintah Daerah melalui pembiayaan sinergi antara Pertamina, Dana Desa dan anggaran dari Puskesmas sebagai wujud komitmen dalam kepedulian terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. 

"Sasaran spesifik program ini untuk meningkatkan produktifitas pertanian melalui kebun gizi dan diversifikasi pangan serta penerapan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) sebagai upaya peningkatan gizi keluarga. Meningkatnya diversifikasi pola makan dan nutrisi keluarga di 2 desa percontohan dan meningkatkan ketahanan keluarga petani melalui kebun gizi keluarga untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual kembali," ujar Executive General Manager (EGM) Pertamina Pemasaran Regional Jatimbalinus, CD. Sasongko dalam rilisnya kepada POS-KUPANG.COM di Maumere, Jumat (23/10/2020) siang. 

Baca juga: Jepang Bikin Tercengang Punya Kekuatan Tempur dengan Senjata Tercanggih di Dunia, Siap Hadapi China?

Untuk menunjang kebutuhan sayuran bergizi bagi keluarga maka setiap keluarga didorong dan dimotivasi untuk membuat kebun gizi keluarga yang ditanami dengan berbagai sayuran.

Masyarakat di kedua desa diberi pelatihan mengenai pemupukan, konservasi tanah dan air, produksi pupuk kompos, meningkatkan diversifikasi tanaman pangan dan sayuran, analisa agri-bisnis, pola analisa pasar yang akan memudahkan untuk menghubungkan dengan pembeli. 

Direktur Yayasan JPM, Yohanes Pakereng menyampaikan tidak hanya melalui program kebun gizi, Pertamina bersama JPM juga melakukan penyuluhan di posyandu tentang pola makan dengan gizi seimbang, pola asuh, ASI eksklusif dan sensitisasi bagi  kelompok remaja setiap bulannya di seluruh posyandu di kedua desa ini.

Sensitisasi kepada kelompok remaja, laki-laki dan perempuan mengenai kesehatan reproduksi, untuk meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan reproduksi bagi remeja.

Baca juga: INILAH Daftar Penerima BLT UMKM Lengkap Cara Mendaftar LOGIN eform.bri.co.id atau eform.bni.co.id

Diharapkan, para remaja yang nantinya akan menjadi calon orang tua di kemudian hari dapat mengetahui dengan baik hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memelihara kesehatan yang dapat berpengaruh ketika nanti menjadi seorang ibu di kemudian hari.

"Masih ada beberapa program pelengkap seperti pelatihan identifikasi makanan, kampanye Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang akan dilaksanakan agar hasil yang mulai nampak ini dapat terus meningkat dengan cara mendampingi masyarakat untuk jangka waktu tertentu supaya keberhasilan program dan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Uiboa & Desa Utiuthuan bisa lebih baik dari sebelumnya," tutup Yohanes.(ris/adv) 

 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved