Breaking News:

Opini Pos Kupang

Tahun 2020, Tidak Lebih Dingin dari Biasanya

Suhu udara di Wilayah NTT menjelang malam hingga dini hari sudah mulai terasa dingin beberapa hari ini mulai pertengahan bulan Agustus tahun 2020

Tahun 2020, Tidak Lebih Dingin dari Biasanya
Dok
Logo Pos Kupang

Oleh : Hamdan Nurdin, Climate Forecast Stasiun Klimatologi Kupang

POS-KUPANG.COM - Suhu udara di Wilayah NTT menjelang malam hingga dini hari sudah mulai terasa dingin beberapa hari ini mulai pertengahan bulan Agustus tahun 2020.

Pada setiap musim kemarau suhu udara pada malam hari cenderung lebih dingin dibandingkan pada periode musim hujan.

Kondisi ini pada dasarnya normal-normal saja, dimana gerak semu matahari pada periode musim kemarau matahari sedang berada di Belahan Bumi Utara (BBU) yang berdampak pada meningkatnya pusat tekanan rendah (low pressure) di BBU.

Dampaknya adalah menghangatnya Suhu Perairan Laut (SPL) di wilayah BBU khususnya Benua Asia yang cenderung lebih hangat dibandingkan wilayah Belahan Benua Selatan (BBS) khususnya Benua Australia yang cenderung lebih dingin dari normalnya.

Kembali ke Zona Merah

Hal ini berdampak pada pergerakan angin Timuran yang lebih intens diikuti kecepatan angin yang kencang sehingga massa udara dari wilayah Indonesia bagian selatan bergerak menuju ke wilayah BBU.

Indikasi inilah yang menyebabkan kenapa suhu udara pada malam hingga dini hari cenderung dingin di wilayah Indonesia bagian selatan khususnya wilayah NTT.

Cuplikan kondisi iklim di atas tidak sejalan dengan informasi yang telah dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pada pertengahan Agustus 2020 yang mengatakan tentang perkembangan suhu udara.

Disebutkan, pada tahun 2020 ini menurut NOAA merupakan salah satu tahun terpanas dalam lima tahun terakhir. Januari hingga Juli tahun 2020 merupakan yang terpanas kedua dari rata-rata setelah tahun 2015.

Kodim 1602 Ende Awasi dan Periksa Penumpang Niki Sejahtera Antisipasi Penyebaran Covid-19

Bagaimana dengan perkembangan suhu udara di wilayah NTT pada lima tahun terakhir? Apakah akan sesuai dengan kondisi normalnya atau sesuai dengan rilis NOAA yang menyatakan bahwa tahun 2020 merupakan salah satu tahun terpanas?

Halaman
1234
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved