Breaking News:

Bupati Belu, Willy Lay Ajak Masyarakat Kembangkan Kopi dan Maek Bako

Ini ajakan Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH kepada masyarakat Desa Henes dan Desa Lakmaras, Kecamatan Lamaknen Selatan

POS-KUPANG.COM/TENIS JENAHAS
Bupati Belu, Willybrodus Lay memberikan arahan kepada masyarakat saat kunjungan kerja di Desa Henes dan Desa Lakmaras, Kecamatan Lamaknen, Rabu (22/7/2020). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Ajakan Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH kepada masyarakat Desa Henes dan Desa Lakmaras, Kecamatan Lamaknen Selatan untuk terus mengembangkan kopi dan maek bako.

Dua jenis tanaman ini sangat cocok dibudidayakan di Desa Henes dan Lakmaras karena didukung tanah yang subur dan iklimnya. Harga komoditi ini juga sangat menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup petani.

Bupati Willy Lay menyampaikan hal itu saat kunjungan kerja ke Desa Henes dan Lakmaras, Kecamatan Lamaknen Selatan, Rabu (22/7/2020).

Kanwil DJPb NTT Virtual Press Release, Beberkan Data Realisasi APBN Semester I Tahun 2020

Dalam rilis yang disampaikan Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Kamis (23/7/2020), Bupati Willy Lay memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Henes atas inovasi yang mewajibkan semua masyarakat untuk menanam 100 pohon kopi per KK. Diyakini, hasil produksi dari 100 pohon kopi ini bisa menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Dalam mengembangkan tanaman kopi serta mempertahkan kualitas kopi perlu memperhatikan hal-hal teknis seperti pemilihan bibit kopi, pemupukan, panen dan pasca panen.

Lapor Gidion Mbilijora ke Polisi - DPD II Partai Golkar Sudah Koordinasi dengan DPD I dan DPP

Bupati Willy Lay mengajak masyarakat untuk terus mengembangkan kopi jenis arabica lokal. Menanam kopi yang merupakan komoditi ekspor tanpa harus melihat aturan tentang harga kopi karena harga kopi secara global ditentukan oleh negara-negara penghasil kopi sesuai dengan dinamika pasar global.

Selain mengembangkan kopi, wilayah Desa Henes dan Lakmaras yang berada persis di garis perbatasan RI-RDTL itu cocok juga untuk membudidaya tanaman maek bako atau porang. Porang juga merupakan komoditi ekspor dengan harga yang menjanjikan. Untuk itu, disamping menanam kopi, juga masyarakat bisa membudidaya porang.

Kunjungan Kerja Bupati Belu dan rombongan di Desa Henes dan Lakmaras dipusatkan di Desa Henes dengan melakukan tatap muka dan berdiskusi bersama masyarakat terkait persoalan yang dihadapi masyarakat dari berbagai bidang. Bupati didampingi Anggota DPRD Kabupaten Belu, pimpinan OPD terkait, Camat Lamaknen dan Camat Lamaknen Selatan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved