Breaking News:

SMP Negeri 4 Langke Rembong

VIDEO - MGMP Para Guru di SMP Negeri 4 Langke Rembong Terkait Pembuatan Video Pembelajaran

VIDEO - MGMP Para Guru di SMP Negeri 4 Langke Rembong Terkait Pembuatan Video Pembelajaran

VIDEO - MGMP Para Guru di SMP Negeri 4 Langke Rembong Terkait Pembuatan Video Pembelajaran

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Sebanyak 38 tenaga pendidik di UPTD SMP Negeri 4 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Mandiri yang berlangsung di sekolah itu sejak dari tanggal 29 Juni sampai dengab 18 Juli 2020.

VIDEO - Gelar Panen Hadiah Simpedes, Berikut Penjelasan Pemimpin BRI KC Bajawa

Video-Serunya Berakhir Pekan di Pantai Krokowolon Maumere

VIDEO - Gadis Asal Were III Ngada Hilang Sudah Lima Hari, Keluarga Lapor Polisi

Kepala SMP Negeri 4 Langke Rembong, Drs Resman Wenseslaus Yan kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (18/7/2020) mengatakan, perpanjangan masa darurat covid-19 membuat waktu belajar dari rumah bagi peserta didik semakin bertambah. Sehingga konseskuensinya guru perlu mendesain pembelajaran jarak jauh yang variatif dan tidak membosankan.

Guru bisa memanfaatkan beberapa aplikasi pembelajaran yang tersedia agar, pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan efektif. Karena pihaknya mengambil langka dengan menyelenggarakan kegiatan MGMP dengan tujuan agar Tenaga Pendidik menyusun Administrasi Sekolah seperti Silabus, RPP, Protap, Promes dan Bahan Ajar sebelum tahun ajaran baru 2020/2021 berlangsung. Selain itu, melalui kegiatan ini juga untuk Tenaga Pendidik menyiapkan pembelajaran dari rumah selama pandemi Covid-19 berupa jasa Daring (Video Pembelajaran) dan Luring berupa modul dan LKPD.

Resman yang didampingi oleh Ketua Panitia Antonius Paulo Ribeu, S.Pd dan Sekertaris Panitia Karolina Yosyue Lawi, S.Pd menjelaskan manfaat dari kegiatan ini, antara lain Tenaga Pendidik telah menyiapkan diri dalam bentuk administrasi sekolah sebelum proses KBM tahun ajaran baru 2020/2021 berlangsung sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Guru telah mempersiapkan diri apabila situasi pandemi covid-19 belum berakhir dengan melaksanakan pembelajaran di rumah dengan menggunakan Daring dan Luring.

Selain itu, setiap guru dapat berinteraksi dengan peserta didik melalui Video Pembelajaran untuk menggantikan proses kegiatan tatap muka di kelas. Peserta didik dapat mengakses video pembelajaran dari rumah secara online dan juga dapat melaksanakan pembelajaran dari rumah dengan menggunakan perangkat pembelajaran berupa modul dan LKPD pada saat peserta didik mengerjakan tugas.

Resman juga mengaku, adapun pencapaian hasil yang telah dilaksanakan selama kegiatan tersebut, yakni pembuatan perangkat pembelajaran (Luring) seperti Telaah Silabus, RPP, Protap, Promes dan Bahan Ajar untuk satu semester pada semua mata pelajaran untuk semua tingkat kelas 7,8 dan kelas 9 tuntas.

Selain itu, pembuatan media pembelajaran berupa video pembelajaran (During) pada semua mata pelajaran untuk semua tingkat kelas yang dilaksanakan selama tiga tahap itu dimana untuk pengambilan video tahap 1 telah dilaksanakan dan telah direview oleh pengawas dan untuk pengambilan video tahap 2 dan 3 nanti dilaksanakan pada jadwal yang telah ditentukan.

"Untuk pembuatan video pembelajaran telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang sangat berperan penting pada pembelajaran dari rumah. Setiap video yang ditayangkan merupakan kompetensi dasar yang dituangkan melalui materi pembelajaran sesuai mata pelajaran masing-masing dari tingkat kelas 7 hingga 9, setiap video ini diedit oleh Tim Editing dari guru SMPN 4 Langke Rembong yang berkompeten,"jelas Resman.

Pengawas pembina untuk SMPN 4 Langke Rembong, Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, Ferdinandus Harjon, S.Pd juga mengatakan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai sangat mensuport kegiatan yang diselenggarakan oleh SMP Negeri 4 Langke Rembong karena dalam rangka mempersiapkan diri untuk menyambut tahun pelajaran baru 2020/2021.

Menurut Ferdinandus, selama para siswa dirumahkan saat pandemi covid-19, tentu perlu dipersiapkan dengan baik dan tentu apa yang dilakukan UPTD SMPN 4 Langke Rembong ini sangat baik dan sangat mendukung.

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Jhony Simon Lena
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved