Breaking News:

News

Silakan Mencoba, Diet Rendah Karbohidrat Cegah Komplikasi Virus Corona

Diet rendah karbohidrat dapat membantu mengendalikan gula darah dan meningkatkan kesehatan metabolisme

Editor: Benny Dasman
via Kompas.com
4 Makanan ini Bisa Jadi Pengganti Nasi lho, Cocok Buat yang Sedang Diet 

POS KUPANG, COM, JAKARTA - Di saat beberapa negara di dunia menghadapi potensi gelombang kedua virus corona, para peneliti berusaha menemukan solusi jangka panjang untuk memerangi penyakit ini.

Selain itu berbagai upaya lain dilakukan untuk menghadapi corona, salah satunya dengan makanan dan gaya hidup.

Misalnya, timbul anggapan bahwa diet rendah karbohidrat bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi risiko komplikasi virus corona, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam BMJ Evidence-Based Machine.

Maryanne Demasi, jurnalis ilmu kesehatan dengan gelar PhD di bidang reumatologi (penyakit dalam), berpendapat bahwa kondisi bawaan seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas terbukti secara signifikan meningkatkan risiko kasus Covid-19.

Dia menuliskan, diet rendah karbohidrat dapat membantu mengendalikan gula darah dan meningkatkan kesehatan metabolisme, yang berpotensi melindungi tubuh dari komplikasi berbahaya virus corona.

Namun, belum ada bukti jelas yang menunjukkan diet rendah karbohidrat secara khusus dapat melindungi kita dari virus corona, menurut Dr. Caroline Apovian, direktur Nutrition and Weight Management Center di Boston Medical Center.

"Ini adalah topik yang rumit, tetapi saya memiliki beberapa pertanyaan karena penulis membuat kesimpulan yang melompat," kata Apovian kepada Insider.

Menurut Apovian, diet sehat memang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, apakah itu diet rendah karbohidrat atau jenis diet lainnya.

Tetapi tidak ada bentuk diet yang terbukti efektif melawan virus dalam jangka pendek, jadi kita tidak perlu mengkhawatirkan konsumsi karbohidrat selama masa karantina, kecuali jika itu anjuran dokter secara spesifik.

Kurangi makanan olahan dan gula
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menekankan bahwa diet dan nutrisi sangat penting bagi kesehatan untuk jangka panjang, dan memainkan beberapa peran dalam mencegah penyakit dan komplikasi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved