Video-Tuntutan Zaman dan Teknologi, Undana Kupang Wisuda 313 Mahasiswa Secara Virtual

Sedikitnya 313 mahasiswa dari Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diwisuda secara virtual.

Editor: John Taena

POS-KUPANG.COM, KUPANG—Sedikitnya 313 mahasiswa dari Universitas Nusa Cendana ( Undana ), Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diwisuda secara virtual.

Kegiatan wisuda online pada Selasa 30 Juni 2020 ini, merupakan peristwa pertama yang dilakukan oleh lembaga pendidikan di daerah ini.

Dalam prosesi tersebut, wisudawan bersama orangtua mengikuti dari rumah, demikian juga para anggota senat universitas.

Pada layar tampak para mahasiswa beserta orangtua bersiap dan berdandan rapi layaknya wisuda pada umumnya.

Rektor Undana Kupang, Prof. Ir. Fredrik L. Benu Ph.D dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan para mahasiswa hari ini tidak terlepas dari pengorbanan orangtua.

Orang tua para wisudawan selalu memberi dukungan dan doa setiap saat hingga menjadi seorang sarjana.

Dasar pertimbangan ini membuat pihaknya mendelegasikan kewenangan dan kehormatan bagi para orangtua wali untuk memindahkan tali kucir para wisudawan.

Dikatakannya, "Untuk mengukuhkan para wisudawan hari ini, saya, Rektor Universitas Nusa Cendana mendelegasikan kewenangan dan kehormatan kepada orangtua wali untuk dan atas nama Rektor Universitas Nusa Cendana, memindahkan tali kucir wisudawan baik itu doktor, magister, profesi dan sarjana sebagai tanda pengukuhan para wisudawan."

Momen paling mengharukan adalah ketika lagu Doa Seorang Anak dilantunkan dan di layar ditayangkan prosesi wisuda periode lalu sebelum Covid-19 menyerang.

Video-Kenang Bulan Bung Karno, Kaum Milenial Sikka Ramaikan Lomba Melukis Wajah Bung Karno

Video-Polres Sikka Bedah Rumah Janda di Sikka

Video-Pulang Dari Malaysia Empat Orang Positif Covid-19, Bupati Tetapkan Sumba Barat Zona Merah

Para wisudawan bersalaman dengan orangtua masing - masing dan tangis haru mewarnai prosesi tersebut. Beberapa orangtua tampak menangis memeluk anak mereka yang pada akhir perjuangan di bangku kuliah harus merayakan secara online.

Tidak ketinggalan beberapa staf kampus yang hadir di ruangan juga ikut menangis haru menyaksikan prosesi wisuda yang diselenggarakan secara online tersebut.

Plt. Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc mengatakan wisuda merupakan suatu momentum yang menandai puncak preatasi atau pencapaian akademik.

Dalam masa pandemi, sudah saatnya kita berpikir kedepan bahwa sekarang ini orang sudah bicara tentang bagaimana peran teknologi dalam segala kehidupan kita.

"Saya yakin dengan format wisuda yang dilakukan tadi ada banyak hal baru dan positif yang dirasakan oleh wisudawan dan orangtua" ujar Maxs.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved