Breaking News:

Opini Pos Kupang

Pembangunan Pabrik Semen, Untuk Apa?

Saat ini wacana tentang pembangunan pabrik semen di Lingko Lolok dan Luwuk, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda sangat kencang

Pembangunan Pabrik Semen, Untuk Apa?
Dok
Logo Pos Kupang

Oleh : Kanisius Teobaldus Deki, Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

POS-KUPANG.COM - Saat ini wacana tentang pembangunan pabrik semen di Lingko Lolok dan Luwuk, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda sangat kencang, menimbulkan kekisruhan.

Pertentangan-pertentangan terasa di mana-mana dalam ruang publik. Saling serang merupakan situasi yang terang benderang dipamerkan dalam perdebatan publik. Argumentasi-argumentasi yang dibangun berbasis pada kepentingan masing-masing pihak yang melatarinya.

Kedua belah pihak, pemerintah dan masyarakat memunyai konsep-konsep yang ingin dimenangkan. Di satu sisi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim) memiliki landasan pijak pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk mensejahterakan masyarakat melalui pemanfaatan maksimal potensi wilayah yang dimilikinya.

Peringati HUT Bhayangkara, Polres Sumba Barat Baksos di Rumah Ibadah

Beroposisi pada konsep Pemkab, masyarakat (dengan berbagai kategori: pemilik lahan, pemerhati lingkungan, insitusi swadaya masyarakat, institusi agama dan elemen-elemen lain) terpecah belah. Ada yang menerima, tak sedikit juga yang menolak rencana itu.

Artikel ini merupakan sebuah kajian yang bertujuan membangun dasar epistemologis pilihan sikap kita dalam menganalisis kebijakan pembangunan.

Konsep Pembangunan

Pembangunan daerah menjadi alasan utama dalam menentukan pilihan sikap Pemkab Matim untuk menerima tawaran investor untuk melakukan investasi.

BREAKING NEWS: Mobil Tangki Air Terjungkal Kedalam Kali di Kampung Semau Liliba

Logika yang dibangun adalah keterhubungan antara terciptanya lapangan kerja, keterserapan tenaga kerja, pendapatan per kapita naik dan kemakmuran ekonomi menjadi muara akhir dari pembangunan itu.

Logika ini merupakan sebuah upaya merealisasikan visi, misi dan program kerja dengan tujuan akhir (final goal) bahwa akhirnya masyarakat yang mereka pimpin mencapai kesejahteraan.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved