News

Kabar Gembira, Sumba dan Flores Segera Miliki Alat Pemeriksaan Sampel Swab

Tim Gugus Tugas Provinsi NTT menyalurkan alat tes cepat molekuler untuk empat rumah sakit, dua lores dan satu Sumba mempercepat pemeriksaan swab

Editor: Benny Dasman
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT, drg. Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kantor Dinas Kesehatan NTT. 

POS KUPANG, COM, KUPANG - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur menyalurkan alat tes cepat molekuler (TCM) untuk empat rumah sakit, termasuk dua di Pulau Flores dan satu di Pulau Sumba guna mempercepat pemeriksaan sample swab pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan NTT, Dominikus Minggu Mere di Kupang, Minggu (7/6), mengatakan hal itu terkait upaya percepatan penanganan Covid-19 menjelang pemberlakuan tatanan normal baru, 15 Juni 2020.

"Dalam waktu dekat ini kami akan mendistribusikan cartridge untuk pemeriksaan swab di beberapa kabupaten yang akan menggunakan tes cepat molekuler (TCM) untuk pemeriksaan sample swab pasien Covid-19," tegas Dominikus.

Pada tahap pertama ada empat rumah sakit yang menerima bantuan alat tes cepat molekuler (TCM) yaitu RSUD TC Hilers di Sikka, RSUD Umbu Rara Meha, Sumba Timur, RSUD Komodo di Manggarai Barat dan RSUD Prof.Dr.WZ Johannes Kupang.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) TC Hilers Maumere melayani pemeriksaan sample swab dari Flores Timur, Lembata serta Sikka. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo di Manggarai Barat melayani pemeriksaan sample swab dari Manggarai Timur, Manggarai serta Manggarai Barat.

Sedangkan Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Umbu Rara Meha melayani pemeriksaan sample swab pasien Covid-19 dari Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Sumba Barat, dan Sumba Tengah.

Selain itu, RSUD WZ Johannes Kupang menerima bantuan TCM untuk melayani pemeriksaan sample swab dari wilayah TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang.

Dominikus mengatakan, bantuan TCM untuk RSUD Ende dan RSUD Gabriel Manek di Belu akan distribusikan pada tahap kedua karena peralatannya harus diinstal sebelum digunakan.

Menurut Dominikus, fasilitas TCM di RSUD Ende nantinya melayani pemeriksaan swab pasien dari Ngada, Nagekeo dan Ende.

Sedangkan fasilitas TCM di RSUD Gabriel Manek untuk pemeriksaan swab rujukan dari Malaka, Timor Tengah Utara dan Belu.

Dikatakannya, apabila beberapa rumah sakit milik pemerintah itu telah dilengkapi dengan fasilitas TCM maka pemeriksaan sample swab pasien Covid-19 tidak lagi menumpuk di RSUD WZ Johannes Kupang. (antara)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved