Monitor Penyaluran BLT-DD di Satar Mese Utara, Bupati Deno: Jangan Beli Kupon Putih dan Rokok

Bupati Manggarai, Dr Deno Kamelus, SH.,MH, memonitor langsung penyaluran perdana BLT-DD di Satarmese

ISTIMEWA
Bupati Manggarai Dr Deno Kamelus, SH.,MH sedang memonitor langsung penyaluran perdana BLT DD 

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Bupati Manggarai, Dr Deno Kamelus, SH.,MH, memonitor langsung penyaluran perdana Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari dana desa ( BLT-DD) bagi warga terdampak Virus Corona Covid-19 di 6 desa yang ada di wilayah Kecamatan Satarmese Utara, Kamis (4/6/2020).

Keenam desa yang dipantau itu antara lain Desa Renda, Desa Todo, Desa Popo, Desa Kole, Desa Matawae, dan Desa Ruang.

Tak Kenal Lelah, IDI Sikka ke Desa Lakukan Sosialisasi dan Bagi Masker

"Pemerintah mempunyai kebijakan untuk kemudian dari Dana Desa sesuai persentase dan porsinya untuk kemudian akan dibagikan kepada keluarga-keluarga yang masuk kategori miskin tetapi belum dapat PKH, belum dapat BLT Sembako, BLT Covid (Kemensos), bukan PNS, bukan tenaga kontrak, bukan pensiunan, dan seterusnya sesuai syarat yang tertuang dalam peraturan,"kata Bupati Deno saat memonitor penyerahan BLT Dana Desa itu dalam rilis yang dikirim oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Manggarai Lodovikus D Moa kepada Wartawan, Jumat (5/6/2020) sore.

Bupati Deno juga meminta kepada warga penerima BLT Dana Desa untuk menggunakan dana desa itu sebaik mungkin yang berhubungan dengan pencegahan virus corona. Tidak boleh menggunakan BLT dana desa itu untuk kepentingan yang tidak berguna.

Bupati Sumba Barat Minta ASN Jadi Contoh Pelaksana Protokol Kesehatan di Masa New Normal

"Ini (BLT DD) ada karena ada Corona. Oleh karena itu pesan saya uang ini tolong dipakai untuk hal yang berhubungan dengan pencegahan Corona, biar badan tetap sehat (Beli Ikan, Daging, Telur, Susu). Neka pake seng so'o kudut weli kupon agu Rongko (jangan pakai uang ini untuk beli kupon putih dan Rokok), karena itu tidak ada hubungannya dengan Corona, itu berhubungan dengan perjudian, tolong manfaatkan uang ini secara baik, ini hanya untuk tiga bulan saja,"pinta Bupati Deno.

Bupati Deno juga menegaskan bahwa kehadirannya dalam kegiatan itu untuk memastikan penyaluran BLT DD berjalan dengan baik dan tepat sasaran. "Saya mau bulan Juni ini, seluruh BLT Dana Desa (untuk 3 bulan) sudah dibagi,"tutur Bupati Deno.

Selain melakukan pemantauan, Bupati Deno juga dalam kesempatan itu menyempatkan waktu untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19.

"Yang paling penting saat ini bukan dana bantuan yang kita terima, melainkan bagaimana kita bersama-sama berupaya mencegah penyebaran virus Covid 19 seperti pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan,"pesan Bupati Deno.

Adapun Khusus Kecamatan Satarmese Utara, dari total 1.654 KK penerima BLT DD yang tersebar di 11 Desa, kesemuanya bisa ditangani oleh Dana Desa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved