Salam Pos Kupang

Hari Ini ASN Provinsi Berkantor

Instruksi Gubernur NTT, Viktor Laiskodat bahwa hari ini, Senin 18 Mei 2020, ASN Lingkup Pemprov NTT akan kembali berkantor

Hari Ini ASN Provinsi Berkantor
Dok
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - SUDAH ada kasus kematian baru berkantor. Dulu saat belum ada yang meninggal, diliburkan. Harusnya sekarang kita lebih berhati-hati, sehingga lebih tetap kalau diam di rumah, bukan berkantor.

Komentar-komentar seperti ini bermunculan dalam diskusi lepas baik di media sosial maupun lingkup masyarakat. Di media sosial, instruksi Gubernur NTT, Viktor Laiskodat bahwa hari ini, Senin 18 Mei 2020, ASN Lingkup Pemprov NTT akan kembali berkantor, didiskusikan panjang lebar. Hampir semuanya mempertanyakan alasan kembali berkantornya para ASN tersebut.

Ini Penjelasan Gugus Tugas Manggarai Terkait Satu OTG Terkonfirmasi Positif Covid-19

Bahkan, dalam edaran tersebut, dikatakan bahwa pada Senin pagi, akan dilaksanakan apel kesadaran bersama. Namun, pada Minggu (17/5) petang, muncul lagi edaran di media sosial bahwa apel bersama dibatalkan. Para ASN langsung masuk ke kantornya.

Asalan harus kembali masuk kerja oleh Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi karena di rumah tidak maksimal. Para ASN tidak tuntas menyelesaikan tugasnya. Untuk itu, Pemprov NTT telah meminta dispensasi ke Menteri Dalam Negeri agar para ASN kembali masuk kerja di kantor seperti biasa.

Pasien Positif Covid-19 di Sumba Timur Bertambah - Dinkes Lakukan Tracing

Apakah ini efektif disaat pandemi virus corona makin mengganas di NTT? Ingat, setiap hari, jumlah penderita terus bertambah, termasuk kasus kematian. Saat masyarakat panik, pemerintah malah meminta ASN agar kerja seperti biasa.

Bagi ASN, tentu edaran gubernur agar kembali masuk kerja ini menjadi perhatian. Pasalnya, selain patuh, mereka tentu takut dengan sanksi yang bakal diterima bila tak masuk kerja. Kita semua tentu masih ingat bagaimana para ASN yang tak masuk ataupun terlambat masuk harus pakai rompi orange saat apel.

Untuk itu, bagi para ASN Lingkup Pemprov NTT yang hari ini sudah mulai bekerja, harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan. Sedikit saja lengah, efeknya akan sangat besar dan berbahaya. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan disiplin harus benar-benar diperhatikan. Ingat, anak, istri, suami ataupun keluarga menunggu di rumah. Jangan pulang dari kantor dengan membawa virus ke rumah.

Kita saling tak tahu siapa di antara kita, sesama rekan kerja dan mitra, saat ini sudah tertular. Saling jaga dan mengingatkan sangat penting. Bila ada rekan atau mitra yang tak patuh, harus diingatkan. Di sini peran pimpinan instansi untuk mendisiplinkan stafnya sangat penting. Hari ini kena virus, dampaknya baru akan terasa beberapa saat ke depan.

Apapun alasannya, semoga niat baik gubernur untuk membangun NTT menuju sejahtera bisa terwujud. Mari kita dukung kebijakan ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan imbauan pemerintah. Jangan panik dan takut, tapi disiplin dan taat.

Semoga pelayanan lebih maksimal yang diinginkan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT bisa terwujud. Dan, yang lebih utama adalah semoga pandemik Covid-19 ini segera berlalu dari dunia. **

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved