Corona di Sumba Timur

Update Corona Sumba Timur - Pasien Positif Itu Sudah Ditangani Sejak Tiba di Waingapu

Pasien pertama positif Corona Virus Disease ( Covid-19) di Kabupaten Sumba Timur telah ditangani

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur,dr. Chrisnawan Try Haryantana didampingi Kabid P2P,Jonker H.A. Telnoni,SKM saat jumpa pers di Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, Rabu (13/5/2020) malam 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pasien pertama positif Corona Virus Disease ( Covid-19) di Kabupaten Sumba Timur telah ditangani oleh Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur semenjak yang bersangkutan tiba di Waingapu pada tanggal 24 April 2020 lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana saat jumpa pers di Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, Rabu (13/5/2020) malam.

Menurut Chrisnawan, pasien pertama positif Covid-19 di Sumba Timur itu diketahui berasal dari kluster Jakarta.

Tanah Longsor di Kezewea, Akses Transportasi Maumbawa-Bajawa Lumpuh Total

Pasien ini tiba di Waingapu pada 24 April lalu kemudian langsung ditangani sesuai protokol kesehatan.

"Pasien ini tiba dari Jakarta langsung di skrining dengan rapid test dan hasilnya reaktif positif. Saat itu, pasien ini langsung dikirim untuk diisolasi di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu sesuai dengan protokol kesehatan," kata Chrisnawan.

Dijelaskan, kondisi pasien itu saat ini dalam keadaan baik dan sesuai informasi dari pihak RSUD Umbu Rara Meha Waingapu bahwa yang bersangkutan tidak mempunyai keluhan.

Uksam: Pemda Diminta Untuk Pertimbangkan Pemberlakuan PSBB

"Jadi kami perlu sampaikan kondisi pasien dan hingga kini yang bersangkutan dalam keadaan baik. Bahkan, sesuai konfirmasi dari pihak rumah sakit bahwa pasien itu praktis tidak miliki keluhan," katanya.

Dikatakan, adanya kasus pertama positif di Kabupaten Sumba Timur itu, maka petugas akan melakukan tracing terhadap orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien itu.

"Menyikapi kasus tersebut,maka petugas kami akan melakukan tracing kontak dengan pasien positif. Dinkes Sumba Timur akan lacak semua yang pernah kontak degan pasien 01 Sumba Timur itu," ujarnya.

Chrisnawan mengatakan, pelacakan akan dilakukan mulai dari orang dekat pasien ,tentu akan ditracing semenjak pasien positif ini tiba di Waingapu hingga terdeteksi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved