Pemkab Belu Telah Salurkan BLT-DD di Empat Desa

Pemerintah Kabupaten Belu ( Pemkab Belu) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD) kepada masyarakat penerima di empat desa

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Pemerintah Kabupaten Belu menyalurkan BLT-DD kepada masyarakat Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Jumat (8/5/2020). 

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA-----Pemerintah Kabupaten Belu ( Pemkab Belu) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD) kepada masyarakat penerima di empat desa.

Keempat desa dimaksud yakni, Desa Tialai-Kecamatan Tasifeto Timur, Desa Lutarato-Kecamatan Lamaknen Selatan, Desa Dubesi-Kecamatan Nanaet Duabesi dan Desa Kabuna-Kecamatan Kakuluk Mesak.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Belu, Januaria Nona Alo kepada wartawan, Jumat (8/5/2020.

Update Covid-19 di Belu: ODP Sisa Empat Orang

Menurut Januaria, pemerintah terus melanjutkan penyeluran BLT Dana Desa sejak dilaunching perdana di Desa Tialai, Kamis (1/5/2020). Sampai saat ini sudah empat desa yabg telah menyalurkan BTL DD rincian, Desa Tialai 66 KK, Desa Lutarato 84 KK, Desa Dubesi 80 KK dan Desa Kabuna 294 KK.

Penyaluran BLT-DD di desa-desa seputaran Kota Atambua bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) setiap KK penerima mendapatkan BLT-DD sebesar Rp. 600.000 per bulan selama tiga bulan lamanya.

Hasil Rapid Test Dua Warga Nagekeo Reaktif

Menurut Januaria, penyaluran BLT DD untuk tiga desa yaitu, Desa Lutarato, Desa Dubesi dan Desa Kabuna dilakukan BNI dalam bentuk tunai (cash) dengan pertimbangan lebih mempermudah akses masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari akses perbankan.

Ditanya mengenai penyaluran BLT DD di desa-desa lain, Junuaria mengatakan, dalam waktu dekat desa-desa yang sudah beres administrasi akan siap menyalurkan bantuan.

Di Desa Kabuna, penyaluran BLT DD dihadiri Kepala Desa Kabuna, Adrianus Y. Laka dan perangkat desa serta dikawal langsung Kapolsek Kakuluk Mesak, Iptu Abdulrahman bersama bersama anggota polsek.

Kepada wartawan, Kades Kabuna, Adrianus Laka mengatakan data penerima BLT-DD telah sesuai dengan hasil keputusan bersama perangkat desa dan BPD sehingga penerimanya sesuai ketentuan dan tepat sasaran serta penerimanya bukan kategori penerima Bantuan Kementerian Sosial, Penerima BPNT-Sembako, serta PKH.

Sedangkan untuk data penerima bantuan pemerintah lainnya pada Desa Kabuna tercatat 559 KK mendapat bantuan Kementerian Sosial, dan 206 KK mendapat bantuan PKH.

Sebelumnya, Bupati Belu Willybrodus Lay meminta dinas teknis agar bekerja cepat dalam mendata KK penerima bantuan dari pemerintah. Pendataan KK harus dicermati sehingga tidak terjadi pendobelan dan dipastikan setiap warga yang memenuhi syarat dapat menerima bantuan.

Pemkab Belu menyiapkan empat jenis bantuan penanggulangan dampak covid-19 bagi masyarakat Belu. Keempat jenis bantuan dimaksud yakni, 1) Bantuan Sosial Tunai (BST), 2) Perluasan Program Sembako, 3) Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan Dampak Ekonomi, 4) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved