Pemkab TTU Pulangkan Dua WNA Timor Leste

Pemkab TTU) melalui Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) kembali memulangkan dua orang WNA asal Timor Leste

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Dua WNA yang berasal dari negara Timor Leste saat berada di ruang karantina terpusat, Rusunawa BTN, Selasa (5/5/2020). 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Pemerintah Kabupaten Timur Tengah Utara ( Pemkab TTU) melalui Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) kembali memulangkan dua orang Warga Negara Asing ( WNA) asal negara Timor Leste.

Kedua orang tersebut masing-masing berinisial ATC dan MOQ. Keduannya merupakan warga Timor Leste yang tinggal di Distrik Oecusse.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, kedua orang tersebut dipulangkan ke negara asalnya Timor Leste setelah ditangkap oleh anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS di Desa Napan pada Minggu (3/4/2020) karena masuk melalui jalur tikus.

Enem Hari, Polres Rote Ndao Ungkap Kasus Pembunuhan Berencana

Namun sebelum dipulangkan ke negara asalnya, kedua orang WNA tersebut dibawa terlebih dahulu ke kantor Imigrasi Atambua untuk diperiksa. Setelah diperiksa barulah keduanya diserahkan ke Konsulat RDTL Perwakilan Atambua untuk dipulangkan.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten TTU, Kristoforus Ukat mengatakan hal itu kepada Pos Kupang melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (5/5/2020).

Polda NTT Distribusi Sembako Untuk Warga Belo

Kristoforus menjelaskan, pemulangan kedua WNA asal Timor Leste tersebut bermula ketika pada, Minggu (3/5/2020) sekira pukul 10:00 pagi, Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS menangkap dua orang tersebut.

Kristo mengatakan, setelah melakukan penangkapan, kedua WNA yang berasal dari negara Timor Leste tersebut dilaporkan ke posko penanganan covid-19 di Dinas Kesehatan kabupaten TTU.

Setelah mendapat informasi tersebut, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten TTU kemudian menjemput dua orang WNA itu dan langsung membawa keduanya ke Posko Covid-19 di Dinkes.

"Keduanya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis, dan ditampung di Rusunawa," ujarnya.

Kristoforus menambahkan, pihaknya telah membangun koordinasi dengan pihak imigrasi Atambua agar kedua WNA tersebut dijemput guna diserahkan ke Konsulat RDTL Perwakilan Atambua.

"Tapi Informasi yang baru kami dapatkan dari imigrasi Atambua bahwa mereka belum bisa jemput karena mobil mereka lagi antar logistik ke Pos Imigrasi di perbatasan hingga Kamis," terangnya.

Rencanannya, kata Kristoforus, pihaknya akan mengantar dua WNA Timor Leste tersebut ke Imigrasi Atambua mengingat banyak warga TTU yang baru berdatangan dari luar daerah yang perlu dilakukan karantina. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved