Polres Bersama Pemkab Belu dan Tokoh Agama Tindaklanjuti Edaran Kementerian Agama

Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 terkait Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri

POS-KUPANG.COM/TENIS JENAHAS
Bupati Belu, Willybrodus Lay foto bersama pimpinan Forkompimda dan tokoh agama usai rapat bersama di Aula Polres Belu, Rabu (22/4/2020) 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Lembaga Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 terkait Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di Tengah Pendemi Wabah Covid-19.

Menindaklanjuti SE tersebut, Kapolres Belu, AKBP Cliffry S. Lapian menggelar rapat bersama dengan Bupati Belu, Willybrodus Lay, Dandim 1605/Belu, Letkol (Inf) Ari Dwi Nugroho dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Belu. Rapat diselenggarakan di Aula Polres Belu, Rabu (22/4/2020)

Pada kesempatan itu, Kapolres Belu, AKBP Cliffry S. Lapian mengatakan, semua aktivitas keagamaan selama bulan puasa yang sifatnya perkumpulan massa ditiadakan. Semua pelaksaan ibadah berlangsung di rumah masing-masing sesuai ketentuan dalam Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 6 Tahun 2020 terkait Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di Tengah Pendemi Wabah Covid-19.

Ketua Pengurus Yayasan Nusa Nipa Maumere Bantu Mahasiswa Pulsa Rp 200 Ribu

Kapolres Cliffry menjelaskan, dalam SE Kementerian Agama tersebut merinci berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan yang sifatnya perkumpulan umat, yakni kegiatan taraweh dan sholat berjamaah, buka puasa bersama, tauziah, serta malam takbiran dan sholat idul fitri. Semua aktivitas keagamaan tersebut akan berlangsung di rumah masing-masing.

"Kami menindaklanjuti himbuan pemerintah yang mengharuskan semua pelaksanaan ibadah selama bulan puasa termasuk malam takbiran dan sholat Ied dilakukan di rumah masing-masing," jelas Cliffry.

Alex Frans dan Mega Frans Gugat Praperadilan Kapolres Sabu Raijua

Bupati Belu, Willybrodus Lay meminta agar semua masyarakat mengikuti himbauan pemerintah agar selalu berdiam diri di rumah dan senantiasa menggunakan masker saat berada di luar rumah, menjaga jarak (sosial distancing), menjauhi kerumunan dan pelaksanaan ibadah berlangsung di rumah masing-masing demi mencegah penyebaran Covid-19

"Kami terus menghimbau masyarakat agar mematuhi semua himbauan pemerintah melakukan standar kesehatan dan wajib memakai masker. Pemerintah bersama Forkompimda plus terus bekerja keras menjaga kesehatan masyarakat agar terhindar dari penyebaran Covid-19," tegas Bupati Lay.

Ketua MUI Kabupaten Belu, Kaliman Lamarobak mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melaksanakan himbauan pemerintah terkait pelaksanaan sholat jumat tidak lagi dilakukan secara berjamaah yang mengundang kerumunan, melainkan umat melaksanakan ibadah di rumah masing-masing.

"Kami akan melaksanakan himbauan pemerintah terkait pelaksanaan ibadah selama bulan puasa dalam hal ini sholat terawih, malam takbiran dan sholat ied dilakukan oleh setiap umat di rumah masing-masing sesuai panduan agama islam," ungkap Kaliman.

Ketua PHBI Kabupaten Belu, H. Abdullah Belatjam mengatakan, pihaknya meniadakan pembagian tajil yang biasanya rutin dibagikan selama bulan puasa, serta kegiatan tauziah pun ditiadakan. Hal ini sebagai tindaklanjuti dari himbuan pemerintah untuk pencegahan penularan covid 19.

Menurut Abdullah, PHBI juga telah menyiapkan handsanitizer sebanyak 800 botol yang siap dibagikan kepada umat. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan APD dan alat pengukur suhu tubuh yang dapat digunakan jika ada umat yang terkena gejala Covid-19 saat bulan puasa. Jika harus dievakuasi ke rumah sakit maka petugas sudah dilengkapi APD.

Terkait pencegahan Covid-19, Abdullah mengungkapkan, pihaknya telah berkeliling ke semua masjid di Atambua dengan memasang himbauan terkait pelaksanaan sholat jumat dan kegiatan ibadah selama Bulan Puasa di rumah masing-masing sesuai anjuran Agama Islam. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved