News

Hebat, Pertama di NTT-Indonesia, Sumba Tengah Gelar Musrenbang Online, Ini Aplikasi yang Digunakan

Musrenbang secara online melalui teleconference ini diikuti oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Bappelitbangda Provinsi NTT

POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sumba Tengah, Daniel Landa memimpin Musrenbang melalui video teleconference menggunakan aplikasi zoom. 

 Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Gerardus Manyella

POS KUPANG, COM, WAIBAKUL - Mengantisipasi merebaknya wabah Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah (Sumteng) melakukan musyawarah perencanaan pembangunan daerah (Musrenbang) dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2021 secara online melalui teleconference menggunakan aplikasi zoom.

Kegiatan ini pertama kali digelar di Sumba Tengah, bahkan di Indonesia, dan berjalan sukses.

Musrenbang secara online melalui teleconference ini diikuti oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Bappelitbangda Provinsi NTT dan kabupaten tetangga yaitu Sumba Barat Daya.

Musrenbang dan RKPD melalui teleconfence ini dibuka Wakil Bupati (Wabup) Sumba Tengah, Daniel Landa, bertempat di Kantor Bappelitbangda Sumba Tengah, Selasa (31/3).

Dalam sambutannya, Wabup Daniel mengatakan, dirinya menyambut baik atas terselenggaranya pelaksanaan musrenbang ini melalui teleconference memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Dikatakannya, di tengah gejolak pencegahan pandemi Covid-19 yang mewabah di berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia, hingga sampai ke kabupaten/kota saat ini, Pemkab Sumba Tengah tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta tetap menjaga regulasi perencanaan dan penganggaran.

"Musrenbang yang kita laksanakan ini mempunyai arti penting dalam rangkaian penyusunan dokumen rencana pembangunan Sumba Tengah, khususnya Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Sumba Tengah tahun anggaran 2021," ujar Wabup Daniel dalam rilis yabg disiarkan Humas, Jumat (3/4).

Musrenbang Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 ini, kata Daniel, merupakan kelanjutan dari musrenbang kecamatan dan musrenbang desa yang telah digelar sebelumnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sumba Tengah, Martinus Jurumana, mengatakan, musrenbang ini menjadi skala prioritas dan masih menjadi pembicaraan dalam diskusi jarak jauh.

"Kita di sini juga diadakan pembicaraan timbal balik, penerimaan aspirasi, masukan maupun koreksi terhadap usulan pembangunan," kata Martinus.

Musrenbang melalui video teleconference ini merupakan kerja sama dengan Dinas Statistik, Kominfo dan Persandian Sumba Tengah, dikoordinasikan dengan Sekretaris Daerah Sumba Tengah, dimana tidak diperbolehkan untuk berkumpul dan menjaga jarak satu sama lainnya.

Turut hadir dalam pembukaan Musrenbang, Sekretaris Daerah Sumba Tengah, Umbu Eda Pajangu, para ataf ahli, para asisten, Kepala Bappelitbangda dan staf Bappelitbangda, pimpinan OPD, camat, DPRD Sumba Tengah serta para kepala desa. *

Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved