Lawan Covid-19, Forum PRB Sumba Timur Semporotkan Disinfektan di Bandara UMK dan Pelabuhan

menghentikan pandemi virus corona/covid-19 Tim Gabungan Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kabupaten Sumba Timur melakukan penyemperotan cairan di

Lawan Covid-19, Forum PRB Sumba Timur Semporotkan Disinfektan di Bandara UMK dan Pelabuhan
POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Tanpak petugas dari forum PRB sedang menyenperotkan cairan disinfektan di area bandara UMK Waingapu. 

 Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU----Demi menghentikan pandemi virus corona/covid-19 Tim Gabungan Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kabupaten Sumba Timur melakukan penyemperotan cairan disinfektan di area Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu, Pelabuhan Nusantara Waingapu dan Pelabuhan Rakyat (Pelra) dan sejumlah area publik lainya, Kamis (26/3/2020) pagi.

Stef Usul Perjalanan Dinas Luar Daerah Rp 32 Miliar Dialihkan Pencegahan Covid-19

Adapun anggota Forum PRB yakni BPBD, TNI, Polri, SAR, Tagana, Jurnalis dan Instansi terkait lain serta LSM-LSM.

Sebelum aksi dilakukan bupati Sumba Timur Drs Gidion Mbilijora, M.Si memberikan arahan. Hadir dalam aksi itu, Dandim 1601 Sumba Timur Lekol Inf Letkol Inf. Johan A.P. Marpaung, S.Ip, Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K, Sekda Sumba Timur Domu Warandoy, Danki Brimob Sub Den 3 Den A Pelopor Sumba Timur, Iptu Makson Pambudu, Kepala Pelaksana BPBD Sumba Timur, Mikael Jakalaki, Plt Kadis Transnaker Sumba Timur Nico Pandarangga, Ketua PRB Daud Ana Rato dan anggota Forum PRB.

Dalam arahanya, bupati Gidion menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota forum PRB Sumba Timur dan para donasi yang sudah mendukung pemerintah untuk perang melawan covid-19 ini. Penyemporotan disinfektan ini juga lahir ide dari forum PRB.

Bupati Gidion juga mengaku, untuk bahan disinfektan ini sangat terbatas, sehingga diharapkan kepada masyarakat terlebih khusus masyarakat yang mampu untuk bisa menyumbangkannya. Sehingga seluruh area di tempat-tempat dan fasilitas-fasilitas publik di Sumba Timur bisa disemporotkan cairan disinfektan ini.

Dandim 1601 Sumba Timur Lekol Inf Letkol Inf. Johan A.P. Marpaung, S.Ip juga mengatakan, Pihak TNI dari Kodim 1601 Sumba Timur siap mendukung Forum PRB dan Pemerintah daerah guna mencegah virus corona ini. Pihaknya juga mengerakan seluruh Koramil di Kodim Sumba Timur untuk anggota dapat bersama dan mengajak masyarakat guna penyemperotan cairan disinfektan itu.

Kepala Pelaksana BPBD Sumba Timur, Mikael Jakalaki juga kepada wartawan menjelaskan, pengadaan bahan untuk pembuatan cairan disinfektan ini selain dari Pemerintah dan juga sumbangan berbagai pihak.

Kata dia, pihak Forum PRB akan melakukan penyemperotan cairan disinfektan ini mulai hari ini tanggal 26 sampai tanggal 28 Maret 2020. "Hari ini kita semperot perdana, nanti mulai besok kita semperot pada waktu pagi jam 6 dan sore jam 3 selama 3 hari kedepan,"jelas Mikael.

Mikael juga mengatakan, pihaknya akan melakukan penyemperotan di area-area publik seperti di Bandara UMK Waingapu, Pelabuhan Nusantara Waingapu, Pelabuhan Perla Waingapu dan sejumlah area publik lainya guna mencegah penularan virus corona ini.

"Hari ini kita semperotkan disinfektan di Bandara UMK dan semua pelabuhan serta di sejumlah area publik lainya. Semua fasilitis di tempat-tempat itu kita akan semperotkan disinfektan semua guna mencegah menularnya virus yang mematikan ini,"ungkap Mikael.

Pantauan POS-KUPANG.COM terlihat sebelum aksi tersebut, dilakukan demo bersama campuran bahan-bahan untuk pembuatan disinfektan di Lapangan Pahlawan Waingapu. Selanjutnya anggota Forum PRB dibawa komando Kepala Pelaksana BPBD Sumba Timur Mikael Jakalaki melakukan penyemperotan di area bandara UMK. Semua ruangan dan fasilitas publik di Bandara itu disemporoti cairan itu. Selanjutnya tim bergerak ke Pelabuhan Waingapu dan melakukan penyemperotan di semua ruangan dan fasilitas publik lainya guna mencegah virus corona itu. (*)

Tanpak petugas dari forum PRB sedang menyenperotkan cairan disinfektan di area bandara UMK Waingapu.
Tanpak petugas dari forum PRB sedang menyenperotkan cairan disinfektan di area bandara UMK Waingapu. (POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved