Warga Desa Umaklaran dan TNI di Belu Sinergi Bersihkan Lingkungan

membersihkan lingkungan sekitar di Desa Umaklaran agar lingkungan desa terlihat bersih, indah dan rapih.

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
BERSIH--Warga Desa Umaklaran Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu dan personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ bergotong royong bersih lingkungan, Sabtu (7/3/2020). 

Warga Desa Umaklaran dan TNI di Belu Sinergi Bersihkan Lingkungan

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA--Untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, warga Desa Umaklaran Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu dan personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ bersinergi dalam kegiatan karya bhakti pembersihan lingkungan, Sabtu (7/3/2020).

Mereka bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar di Desa Umaklaran agar lingkungan desa terlihat bersih, indah dan rapih. Kegiatan ini juga sebagai upaya mencegah timbulnya penyakit berbasis lingkungan seperti DBD dan diare.

"Kebersihan lingkungan merupakan suatu upaya menciptakan lingkungan sekitar yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan penyakit lainnya. Semua ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih, indah dan nyaman", kata Dansatgas Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin,S.Sos,M.M.

Menurut Ikhsanudin, selain menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL, personel satgas juga turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan di wilayah tugasnya. Dalam melaksanakan kegiatan ini, personel Pos Asulait bersinergi dengan pemerintah setempat dan masyarakat.

"Kegiatan Karya Bakti berupa gotong-royong tersebut dilakukan oleh personel kami yang berada di Pos Asulait. Ini salah satu bentuk kepedulian prajurit TNI akan kebersihan lingkungan sekitar desa agar tetap indah dan nyaman," ungkap Letkol Ikhsanudin.

Sasaran kegiatan adalah pembersihan pekarangan rumah warga, lingkungan rumah adat dan jalan-jalan menuju perkebunan serta fasilitas umum.

Ikhsanudin mengungkapkan, lingkungan yang bersih memiliki manfaat cukup banyak, antara lain lingkungan di sekitar tempat tinggal menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor dan tidak sehat.

Sumber air menjadi lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi. Apabila seseorang lalai dalam menjaga kebersihan lingkungan, maka lingkungan akan menjadi kotor, tidak nyaman ditempati dan menjadi sumber berbagai macam penyakit.

Bahkan dapat menimbulkan bencana akibat ulah manusia seperti banjir, bau busuk, polusi udara, kotor serta tidak nyaman.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved