BNN Provinsi NTT Minta Pemkab Lembata Buat Perda Pencegahan Narkoba

Pengurus BNN Provinsi NTT minta Pemkab Lembata membuat Perda pencegahan narkoba

POS-KUPANG.COM/Ricko Wawo
Tim BNN Provinsi NTT bertatap muka secara langsung dengan Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday di ruang kerjanya pada Selasa (3/3/2020). 

Pengurus BNN Provinsi NTT minta Pemkab Lembata membuat Perda pencegahan narkoba

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Badan Narkotika Nasional ( BNN) Provinsi NTT meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata ( Pemkab Lembata) membuat peraturan daerah mengenai upaya pencegahan narkoba yang tujuannya untuk menyelematkan generasi muda Lembata dari narkoba.

Tim BNN Provinsi NTT juga sudah bertatap muka secara langsung dengan Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday di ruang kerjanya pada Selasa (3/3/2020) dan menyampaikan niat baik ini.

PGK NTT Desak Polda Copot Oknum Anggota yang Diduga Lakukan Pengeroyokan Warga di Belu

Wabup Langoday pun antusias dengan permintaan BNNP NTT ini dan meminta Kesbangpol untuk menggodok dan mempelajari materi yang ada sebelum perda tersebut dibuat.

Ditemui terpisah, Kepala Seksi Pencegahan BNNP NTT, Markus Raga Djara mengatakan pembentukan perda pencegahan narkoba oleh pemerintah kabupaten/kota dan pemprov merupakan amanat langsung dari Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Kasus Siswa Pukul Guru - Pelaku Pendidikan Sedang Diuji

Di dalam Permendagri tersebut sudah tertulis kalau Gubernur melakukan fasilitasi P4GN di daerah provinsi, Bupati/wali kota melakukan fasilitasi P4GN di daerah kabupaten/kota dan Pelaksanaan fasilitasi P4GN dilakukan oleh Perangkat Daerah yang terkait dengan P4GN dan dikoordinasikan oleh Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan bidang kesatuan bangsa dan politik.

"Di dalam pasal 3 fasilitasi P4GN di antaranya meliputi penyusunan perda mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba," kata Markus di Lewoleba, Kamis (5/3/2020).

Dirinya merasa bangga atas respon positif dari Pemda Lembata karena dari 22 kabupaten/kota di NTT belum ada satupun kepala daerah yang melaksanakan perintah Permendagri ini demi kelangsungan generasi muda yang bebas narkoba. Baru DPRD Provinsi NTT yang menjadikan perda ini sebagai perda inisiatif tahun lalu.

Dia sangat berharap Kabupaten Lembata menjadi kabupaten pertama yang memiliki perda P4GN ini.

Pembentukan perda ini, lanjutnya, sangat penting karena ketika mereka tiba di Lembata pun banyak guru di Kota Lewoleba yang meminta mereka melakukan sosialisasi pencegahan narkoba di beberapa sekolah.

Halaman
123
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved