Opini Pos Kupang

Membahas Perbatasan Memeriksa Kebijakan

Mari membaca dan simak Opini Pos Kupang: membahas perbatasan memeriksa kebijakan

Membahas Perbatasan Memeriksa Kebijakan
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca dan simak Opini Pos Kupang: membahas perbatasan memeriksa kebijakan

Oleh: Lasarus Jehamat, Dosen Sosiologi Fisip Undana Kupang

POS-KUPANG.COM - FISIP Corner-Fisip Undana Kupang mengadakan diskusi mengenai dinamika masalah perbatasan RI-RDTL (Senin, 2 Maret 2020). Diskusi dengan tema `Dinamika Sosial di Batas Negara RI-RDTL' menghadirkan tujuh pemantik dari perspektif berbeda-beda.

Diskusi mengenai perbatasan selalu menghadirkan semangat solutif. Meski dalam praktiknya, setiap intisari diskusi seakan jarang bahkan tidak pernah ditindaklanjuti. Karena itulah, diskusi Fisip Corner kali ini dibuat lebih serius.

Dari Era Pembajakan sampai Youtube

Tujuan utamanya tentu bukan untuk memamerkan kecongkakan ilmiah. Fisip memiliki tanggung jawab moral berkaitan dengan persoalan sosial (juga perkara politik, budaya, ekonomi, dan keamanan) masyarakat perbatasan.

Tanggung jawab moralnya pun bukan terutama karena eksistensi Fisip Undana. Dua hal itu (tanggung jawab moral dan etik) perlu dibumikan terutama karena posisi Undana dan perbatasan RI-RDTL yang berada di wilayah ini.

Fisip berpandangan masalah perbatasan tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada otoritas perbatasan atau pemerintah daerah dan pusat. Sebagai gudang pemikir, Fisip Undana coba mengambil bagian dalam diskursus perbatasan.

Hari Ini Tinggi Gelombang di Perairan Samudera Hindia Selatan Sumba Sabu Hingga 4.0 Meter

Tulisan ini tidak ingin mencari dan menggali sebab musabab persoalan perbatasan. Bukan pula menjawab tuntas persoalan di sana. Gagasan utama tulisan ini ialah mendorong semua pihak untuk bersatu memikirkan masyarakat perbatasan secara komprehensif dari sudut cara memandang masalah perbatasan.

Masalah perbatasan tidak akan selesai di tangan pakar di Fisip Undana. Dibutuhkan usaha semua pihak dalam mengurai dan menyelesaikan masalah di sana.
Masalah Segudang

Masalah perbatasan bukan kali ini saja dibahas oleh banyak pihak. Tahun lalu, tim peneliti dari UGM pernah berdiskusi dengan beberapa pakar di kampus Fisip Undana. Diskusi kala itu berhasil membuka tabir beragam masalah yang terjadi di perbatasan.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved