VIDEO - Antisipasi Virus Babi Meluas Di Belu, Dinas Peternakan Bentuk Unit Reaksi Cepat

VIDEO: Antisipasi Virus Babi Meluas Di Belu, Dinas Peternakan Bentuk Unit Reaksi Cepat. Unit Reaksi Cepat tersebut, dibentuk sejak Januari 2020 lalu

VIDEO - Antisipasi Virus Babi Meluas Di Belu, Dinas Peternakan Bentuk Unit Reaksi Cepat

POS KUPANG.COM, ATAMBUA – VIDEO: Antisipasi Virus Babi Meluas di Belu, Dinas Peternakan Bentuk Unit Reaksi Cepat

Dinas Peternakan Kabupaten Belu melalui Unit Reaksi Cepat (URC) terus melakukan penanganan babi yang masih sehat dengan pendekatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat. 

Tim URC dinas yang dibentuk Januari 2020 itu, disebarkan ke setiap kecamatan untuk memberikan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat, terutama peternak babi.

VIDEO - Saat Ditanya Petugas Sensus, Gubernur NTT Menjawab, Saya Ini Suku Helong

Pria Lamongan Nekat Sebarkan Video Mesum dengan Mantan Kekasih di Facebook, Dipicu Lamaran Ditolak

VIDEO: Setelah Peletakan Batu Pertama, Kepala BBKSDA NTT Tanam Kelor di Desa Enoraen-Kupang

Ada pun informasi yang disampaikan itu mengenai cara menangani atau mencegah penularan virus yang hingga kini belum diketahui namanya tersebut. 

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Belu, Nikolaus Umbu Birri mengatakan hal tersebut kepada POS-KUPANG.COM, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (24/2/2020).

Menurut Nikolaus, data kematian babi di Kabupaten Belu, adalah 570 ekor. Banyaknya ternak babi yang mati itu tersebar di 12 kecamatan se-Kabupaten Belu.

Data ini diperoleh petugas setelah dilakukan pendataan yang dilaporan masyarakat sejak Oktober 2019 sampai dengan keadaan Februari 2020. Tingkat kematian babi paling banyak terjadi awal Januari sampai Februari 2020

Nikolaus mengatakan, upaya pemerintah untuk mencegah kematian babi itu, yakni cara isolasi dan beberapa larangan yang sudah dinstruksikan Bupati Belu.

Pemerintah melarang mengeluarkan ternak babi dari Kabupaten Belu dan memasukan babi dari kabupaten lain ke Kabupaten Belu, termasuk dari Negara Timor Leste.

Halaman
123
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved