Sekolah Harus Buat Pengkajian Gaji Guru Honorer Agar Sesuai UMP

Sekolah harus bisa membuat pengkajian terhadap gaji guru honorer agar minimal dapat sesuai dengan Upah Minimum Provinsi ( UMP)

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Politisi PDIP Emanuel Kolfidus 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sekolah harus bisa membuat pengkajian terhadap gaji guru honorer agar minimal dapat sesuai dengan Upah Minimum Provinsi ( UMP).

Hal ini disampaikan Anggota Komisi V DPRD NTT, Emanuel Kolfidus, Kamis (20/2/2020).
Menurut Emanuel, adanya kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud untuk mengalokasikan dana BOS sebesar 50 persen untuk membayar gaji guru honorer merupakan sebuah gebrakan.

Dandim 1618 TTU Beri Pengarahan Kepada Calon Prajurit TNI dan Orangtuanya

"Karena itu, sekolah harus bisa mengkaji agar upah guru honor bisa sesuai dengan UMP," kata Emanuel.

Dijelaskan, kebijakan itu menjadi kabar gembira untuk rekan -rekan guru honor yang selama ini masih banyak yang mendapatkan gaji atau upah di bawah UMP.

Karena itu, lanjutnya, dengan tambahan alokasi 50 persen dana BOS, maka alokasi dana BOS untuk honor bertambah 35 persen artinya akan tersedia ruang fiskal yang memadai di sekolah.

Harga Gula Pasir Naik, Simak Penjelasan Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag NTT

"Untuk itu sekolah harus membuat kebijakan penggajian yang minimal memenuhi UMP. Kondisi ini berarti gaji rekan- rekan honor akan berasal dari Komite atau Yayasan, ditambah dari 50 persen dana BOS dan provinsipun memberikan tambahan penghasilan per bulan," jelasnya.

Emanuel mengakui, sebagai wakil rakyat, pihaknya menyambut gembira rencana Bapak Mendikbud RI tersebut t dan kiranya dapat direalisasikan mulai tahun ini.

"Adanya penghasilan yang memadai, saya yakin setiap pendidik termasuk guru honorer ini akan bekerja keras memajukan kualitas pendidikan generasi NTT," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved