Likurai Kontemporer Asal Belu Siap Dipentaskan di Jepang

Tarian Likurai Kontemporer yang dibawakan enam penari asal Kabupaten Belu, Provinsi NTT siap dipentaskan di Yokohama Jepang.

POS KUPANG/TENI JENAHAS
Bodies of Borders foto bersama saat tampil Komunitas Salihara, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020). 

HEBAT! Likurai Kontemporer Asal Belu Siap Dipentaskan di Jepang

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA----Tarian Likurai Kontemporer yang dibawakan enam penari asal Kabupaten Belu, Provinsi NTT siap dipentaskan di Yokohama Jepang.

Enam penari likurai kontemporer yang berangkat ke Jepang yaitu, Rini Ratu Dabo, Sindi Hale, Yunita Dabu, Evi Nale, Fili Soares dan Angel Leki. Mereka tampil di Jepang mewakili Indonesia. Pementasan perdana tari kontemporer bertitel IBUIBU BELU: BODIES OF BORDERS ini tampil di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020) malam.

Penari Likurai, Rini Ratu Dabo yang diminta komentarnya oleh Pos Kupang.Com, Jumat (7/2/2020) malam menuturkan, ia bersama lima teman lainnya merasa bangga dan senang sekali karena mereka bisa tampil di black box theater ternama di Indonesia. Lebih bangga lagi mereka enam orang diberi kesempatan tampil di luar negeri, yaitu di Yokohama Jepang mewakili Indonesia, secara khusus Belu.

"Saya dan teman-teman bangga sekali karena selama ini Likurai cuman tampil di Belu dan terkahir saat Asian Games kami tampil puluhan orang. Tapi kali ini kami berenam diberi kesempatan tampil di black box theater ternama. Ini luar biasa sekali bagi kami", ungkap Rini.

Lanjut Rini, IBUIBU BELU: Bodies of Borders tampil dalam di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan dengan membawakan tarian Likurai. Penampinan IBUIBU BELU disaksikan Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan dan Anggota DPRD Kabupaten Belu, Frans Zaka. Penampilan mereka dilanjut, Jumat (7/2/2020) malam.

"Kami baru habis tampil. Kami tampil dua kali. Sambutan penonton luar biasa", ungkap Rini.

Ibu profesi guru ini mengatakan, setelah pentas di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan, tarian Likurai kontemporer ini akan dipentaskan di Jepang. Penari sebanyak enam orang
dengan koreografer Dr. Eko Supriyanto, maestro tari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Diberitakan Pos Kupang.Com, penari Likurai kontemporer yang diberi nama IBUIBU BELU: BODIES OF BORDERS tampil di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan, tanggal 6 dan 7 Febuari 2020

Tarian yang diangkat dari ritual dan Likurai Belu ini dibawakan enam penari perempuan dari Kabupaten Belu dengan koreografer Dr. Eko Supriyanto. Karya ini mengeksplorasi gerak, irama, nyanyian, dan tenun (kain tradisi setempat).

Melalui materi-materi tersebut Eko menciptakan bentuk-bentuk manifestasi tari Likurai yang mengandung ciri khas masyarakat Timor saat ini yang terpisah secara politik, antara NTT dan Timor Leste. Ingatan tersebut menubuh dalam enam penari setempat, salah satunya berasal dari Timor Leste dan sejarah kehidupan mereka yang diekspresikan dalam Likurai.

Kedua hal tersebut secara paradoks menunjukkan bahwa tubuh menghadapi tantangan batas-batas politik, namun dalam waktu yang sama juga mengalami keterpisahan.

Pementasan ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Belu dgn Ekos Dance Co dan didukung oleh Asia TOPA (Melbourne, Australia), SPRING Festival (Utrecht, Belanda), Teater Im Pumpenhaus (Munster, Jerman), TPAM-Performing Arts Meeting in Yokohama (Yokohama, Jepang), Komunitas Salihara (Jakarta, Indonesia), Ratnasari Langit Pitu (Jakarta).

Setelah penampilan di Komunitas Salihara, IBUIBU BELU: Bodies of Border dijadwalkan akan memulai tour dunia di Asia, Australia, dan Eropa sepanjang tahun 2020.

Di Kebun Petani, Wabup Flotim Pimpin Doa Minta Hujan dan Usir Hama

Rajin Minum Air Rendaman Rambut Jagung Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Ini

Saat pementasan, Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, Jonisius R. Mali, SH, Kadis Kominfo, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si, Kadis Pariwisata Fredik Bere Mau, ST dan Kabag Umum Yustinus Loko. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved