Opini Pos Kupang

Moderasi Keagamaan dan Ikhtiar Toleransi (Apresiasi terhadap Wali Kota Kupang)

Baca Opini Pos Kupang: moderasi keagamaan dan ikhtiar toleransi (Apresiasi terhadap Wali Kota Kupang)

Moderasi Keagamaan dan Ikhtiar Toleransi (Apresiasi terhadap Wali Kota Kupang)
Dok
Logo Pos Kupang

Baca Opini Pos Kupang: moderasi keagamaan dan ikhtiar toleransi (Apresiasi terhadap Wali Kota Kupang)

Oleh: Paul Ama Tukan, Mahasiswa STFK Ledalero, Maumere.

POS-KUPANG.COM - NTT sering disebut-sebut sebagai provinsi dengan tingkat toleransi yang patut dicontohi oleh provinsi lain. Wacana tentang provinsi dengan tingkat toleransi yang tinggi ini kerap kali membuat kita bertanya lebih jauh, apakah seluruh masyrakat daerah di NTT sungguh-sungguh toleran?

Paling kurang kita menghendaki ada sejumlah data formal atau fakta integritas kinerja pemerintah yang dapat dijadikan acuan untuk menggambarkan fakta toleransi beragama di NTT. Jika tidak demikian, gambaran toleransi di NTT seolah-olah hanya sebuah kesan biasa dari pengalaman personal yang hanya dialami sejumlah orang dan kemudian menggeneralisasi NTT sebagai daerah dengan tingkat toleransi yang tinggi.

Dosen STKIP Citra Bakti Ngada Beri Materi Pembekalan Pengurus Osis SMAK St. Thomas Aquino Golewa

Hemat penulis, toleransi tidak sekadar sebuah nilai internal yang dibumikan dalam kesadaran penuh setiap masyarakatnya. Toleransi perlu mendapat perhatian secara taktis dalam kebijakan pemerintah. Tak dapat disangkal, gambaran tentang wilayah toleran pun dapat menjadi suatu tantangan. Jika sebatas stereotip umum, peluang-peluang itu bukan tidak mungkin dapat disiasati oleh kaum radikalis untuk melancarkan serangan.

Pada kamis 16 Januari 2020 Kementrian Agama (Kemenag) memberikan penghargaan kepada Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson Riwu Kore, MM, MH sebagai kepala daerah yang berkontribusi dalam bidang pendidikan keagamaan dan keagamaan di Kota Kupang sekaligus sebagai kepala daerah yang berpartisipasi mendukung program moderasi beragama dan penguatan fungsi penyuluh agama.

Sebagaimana diberitakan detikindonesia.co, penghargaan ini diberikan pada momentum peringatan Hari Amal Bhakti ke -74 Kementrian Agama RI tahun 2020.

Ada Tiga Peringatan BMKG Soal Prediksi Cuaca di NTT Hari Ini, Yuk Simak Penjelasannya!

Di samping sebagai suatu pencapaian integritas pemerintah kota dalam strategi pembangunan masyarakat, penghargaan inipun merupakan suatu ikhtiar toleransi bagi segenap masyarakat NTT. Nilai toleransi dengan demikian dapat diejawantahkan sebagai kinerja formal praksis pemerintah yang dapat menunjukan suatu khazanah dan keunikan adab kota.

Pemerintah sebagai Poros

Penghargaan yang diterima Wali Kota Kupang ini merupakan suatu pencapaian kinerja yang kombinatif dalam tubuh pemerintahan. Pemerintah Kota Kupang amat berperan dalam pembangunan keagamaan masyarakatnya. Hal ini terbukti lewat bantuan-bantuan operasional fasilitas rumah ibadat dan prasarana keagamaan.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved