Salam Pos Kupang

Dampak Kunjungan Miss Universe

Mari membaca dan simak isi Salam Pos Kupang berjudul Dampak Kunjungan Miss Universe

Dampak Kunjungan Miss Universe
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca dan simak isi Salam Pos Kupang berjudul Dampak Kunjungan Miss Universe

POS-KUPANG.COM - PULAU Sumba dengan eksotisnya telah menjadi perhatian dunia. Bahkan menjadi pulau terindah di dunia versi sebuah majalah Jerman ini pun masih menyimpan begitu banyak pesona yang belum terkuak

Mengeksplore di negeri sejuta kuda ini hampir tak pernah selesai. Sebab, di sana ada peninggalan kubur batu para leluhur yang telah berpulang ribuan tahun lalu. Kubur-kubur tersebut masih terpampang jelas di bagai sudut pulau para Umbu dan Rambu ni.

Perayaan Imlek 2571, Begini Pandangan Bupati Sumba Timur

Perhatian akan keindahan dan pesona Pulau Sumba ini makin tersohor ketika Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi ini mengunjungi Sumba. Wanita asal Afrika Selatan ini langsung disambut Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora di Bandara Umbu Mehang Kunda, Kamis (23/1).

Meski kunjungan ini berbau komersil demi brand atau merk perusahaan tertentu, namun makna yang bisa diambil adalah kesempatan promosi wisata Sumba.

Kita tahu seorang yang sudah terpilih menjadi Miss Universe akan menjadi perhatian seantero bumi. Hal ini karena Miss Universe ditetapkan setelah melalui berbagai seleksi, baik itu menyangkut kecantikan, dengan latar belakang intelejensia yang tinggi serta memiliki atitude yang baik.

Paguyuban Tionghoa Sumba Timur Siap Membantu Membangun Sumba Timur

Apapun yang dilakukan seorang Miss Universe yang dianggap wanita yang mendekati sempura dari sisi kecantikan itu akan menjadi perhatian dunia.

Dengan kehadiran Zozibini di Sumba maka dunia pun sesaat akan menoleh ke Sumba. Semua perhatian akan tertuju pada Sumba, sebagai destinasi yang baru bagi para turis mancanegara

Kita perlu berterima kasih pada Zuzibini dan perusahaan yang membawanya ke Sumba, sebab kehadiran Miss Universe itu juga menarik mata dunia ke Sumba. Kita berharap dampak positif langsung bisa dirasakan pegiat pariwisata di Sumba dengan menyiapkan semua sarana dan pra sarana termasuk untuk menyambut ledakan jumlah kunjungan wisata ke Sumba.

Bukan saja wisatawan mancanegara, wisatawan lokal pun tentu akan melihat Sumba sebagai destinasi dalam negeri yang memiliki alam dan pesona budaya yang menarik.
Masyarakat di Sumba juga harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut wisatawan. Orang Sumba harus menunjukan tata krama Sumba yang menjunjung tinggi nilai budaya yang sangat menghormati tamu.

Sikap-sikap tercela seharusnya dihilangkan. Kita tidak berharap para wisatawan yang dating menjadi objek kejahatan atau perbuatan kriminal. Sebab hal tersebut hanya mencoreng budaya Sumba dan tata krama orang Indonesiia yang terkenal sangat sopan terhadap tamu

Kunjungan Zozibini juga bukan puncak promosi budaya, sebab masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan Sumba sehingga Pulau Sumba tidak tertinggal dalam persaingan merebut hati turis untuk datang ke Sumba.

Pelajaran bagi Pemerintah Provinsi NTT bahwa kedatangan publik figur ke wilayah ini mestinya menjadi perhatian. Sebab, kedatangan mereka akan memberi cerita pada media-media yang terus memantau perjalanan mereka. Kita tahu di Taman Nasional Komodo sudah begitu banyak pesohor dunia dan dalam negeri datang ke sana. Mestinya kehadiran mereka dilakukan sebagai bahan promosi wisata gratis untuk NTT. (*)

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved